Pengusaha Jangan Terlalu Manja

Kompas.com - 17/09/2012, 11:50 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengusaha Indonesia harus menjadi pengusaha mandiri yang tidak mudah menyerah. Pengusaha jangan jadi anak manja yang selalu minta fasilitas dari mereka. Dengan keterbatasan anggaran, pemerintah tidak mungkin bisa memenuhi semua tuntutan pengusaha.

Hal itu disampaikan Deputi Menteri Koordinator Ekonomi bidang industri dan perdagangan, Edy Putra Irawady, di Jakarta, Senin (17/9/2012) ini.

"Jangan sampai mau bikin pabrik, minta dulu fasilitas jalan, listrik, air bersih, dan fasilitas lain. Sudahlah, pengusaha harus mandiri dengan mengusahakan fasilitas itu sendiri. Saat ini tidak mungkin mengandalkan pemerintah karena dananya minim," katanya.

Dia mengatakan, pengusaha itu ibarat bala tentara yang harus berdiri paling depan, sedangkan pemerintah hanya pendukung yang berada di belakang.

"Saat ini banyak peluang bisnis yang didorong pemerintah, yakni proyek konektivitas dan pembangunan jaringan logistik nasional," ujarnya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X