Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Orang Terkaya AS Berinvestasi?

Kompas.com - 20/09/2012, 14:48 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bill Gates menduduki puncak orang terkaya di Amerika Serikat versi majalah Forbes. Nilai pendiri Microsoft ini naik sebesar  6 miliar dollar AS dari tahun lalu menjadi 66 miliar dollar AS.

Lantas dari manakah kekayaan Gates ini berasal? Menurut majalah Forbes, kekayaan Gates tak lagi berasal dari Microsoft.

Tahun ini, Microsoft hanya seperlima atau 20 persen saja dari nilai aset Gates. Karena itu, majalah Forbes menilai, kekayaan Gates tak lagi bergantung pada pergerakan saham perusahaan piranti lunak tersebut.

Kekayaan terbesar Gates berasal dari perusahaan investasi yang bernama Cascade Investment LLC. Perusahaan ini berpusat di Kirkland, Washington, tak jauh dari kantor pusat Microsoft.

Lewat Cascade ini, Gates melahap saham Republic Services, perusahaan yang mengoperasikan 334 perusahaan pengumpul sampah, 191 tempat pembuangan sampah dan 74 fasilitas daur ulang.

Gates menjadi pemegang saham terbesar Republic Services. Dia menggempit 16 persen saham Republic senilai 2,2 miliar dollar AS. Tahun ini, nilai saham Republic sudah naik 3 persen.

Gates juga memperbesar kepemilikan saham di jaringan diler otomotif, AutoNation menjadi 17 persen. Nilai saham ini mencapai 680 juta dollar AS.

AutoNation mengoperasikan 258 diler waralaba terutama di kawasan Asia Tenggara. Tahun ini, nilai saham AutoNation telah melejit 13 persen.

Kekayaan Gates juga berasal dari Ecolab. Di perusahaan pemasok alat pembersih ini, Gates mempunyai saham sebesar  1,8 miliar dollar AS.  (Edy Can/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com