Kompas.com - 22/09/2012, 08:34 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

PUTRAJAYA, KOMPAS.com - Jalan raya di Malaysia yang mulus dan terkoneksi dengan baik antar negara bagian, dimanfaatkan Kementerian Pariwisata Malaysia sebagai produk pariwisata terbaru yaitu "Fly and Drive".

Dalam produk pariwisata "Fly and Drive", pihak Malaysia ingin mengintegrasikan empat hal yaitu fly (terbang dengan pesawat terbang), drive (menyetir di jalur darat), dive (menyelam), dan swim (berenang).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pelancongan Malaysia YB Dato' Sri Dr. Ng Yen Yen saat jumpa pers acara Malaysia Tourism Hunt 2012 di kantor Kementerian Pelancongan Malaysia, Putrajaya, Malaysia, Jumat (21/9/2012).

"Turis sekarang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih. Dengan produk ini, turis bisa menyetir berkeliling Malaysia sambil bersantai, berhenti di tempat-tempat wisata yang ada di Malaysia," tutur Dato' Ng.

Malaysia sendiri memiliki 14 negara bagian. Negara-negara bagian ini terbagi dalan dua pulau besar. Negara bagian Sabah dan Serawak berada di Pulau Kalimantan. Dari Kuala Lumpur ke Sabah dan Serawak dapat ditempuh dengan pesawat terbang.

Dato' Ng menuturkan produk ini sengaja dibuat dengan memfokuskan pada pelesir menggunakan mobil atau turis menyetir sendiri dan berkeliling Malaysia melalui jalur darat. Hal ini, lanjutnya, karena didukung jalanan Malaysia yang bagus.

"Kami tak punya macet, kecuali di kota-kota besar," katanya.

Ia menuturkan, turis selama perjalanan dapat melihat kehidupan Malaysia secara langsung serta keberagaman budaya dan makanan Malaysia. Misalnya, di Trengganu, turis bisa mencoba kuliner khas berupa nasi dagang.

"Inilah produk baru yang ingin kita jual. Turis datang ke Malaysia, sewa mobil. Lalu menyetir dan berhenti di beberapa tempat untuk melihat-lihat," jelas Dato' Ng.

Selain itu, produk ini dibuat untuk menyasar turis agar tinggal lebih lama di Malaysia. Sebab, lanjutnya, perjalanan darat apalagi ditambah acara menyelam, akan membuat turis lebih lama berada di Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X