Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fly and Drive" Gaya Malaysia

Kompas.com - 22/09/2012, 08:34 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

PUTRAJAYA, KOMPAS.com - Jalan raya di Malaysia yang mulus dan terkoneksi dengan baik antar negara bagian, dimanfaatkan Kementerian Pariwisata Malaysia sebagai produk pariwisata terbaru yaitu "Fly and Drive".

Dalam produk pariwisata "Fly and Drive", pihak Malaysia ingin mengintegrasikan empat hal yaitu fly (terbang dengan pesawat terbang), drive (menyetir di jalur darat), dive (menyelam), dan swim (berenang).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pelancongan Malaysia YB Dato' Sri Dr. Ng Yen Yen saat jumpa pers acara Malaysia Tourism Hunt 2012 di kantor Kementerian Pelancongan Malaysia, Putrajaya, Malaysia, Jumat (21/9/2012).

"Turis sekarang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih. Dengan produk ini, turis bisa menyetir berkeliling Malaysia sambil bersantai, berhenti di tempat-tempat wisata yang ada di Malaysia," tutur Dato' Ng.

Malaysia sendiri memiliki 14 negara bagian. Negara-negara bagian ini terbagi dalan dua pulau besar. Negara bagian Sabah dan Serawak berada di Pulau Kalimantan. Dari Kuala Lumpur ke Sabah dan Serawak dapat ditempuh dengan pesawat terbang.

Dato' Ng menuturkan produk ini sengaja dibuat dengan memfokuskan pada pelesir menggunakan mobil atau turis menyetir sendiri dan berkeliling Malaysia melalui jalur darat. Hal ini, lanjutnya, karena didukung jalanan Malaysia yang bagus.

"Kami tak punya macet, kecuali di kota-kota besar," katanya.

Ia menuturkan, turis selama perjalanan dapat melihat kehidupan Malaysia secara langsung serta keberagaman budaya dan makanan Malaysia. Misalnya, di Trengganu, turis bisa mencoba kuliner khas berupa nasi dagang.

"Inilah produk baru yang ingin kita jual. Turis datang ke Malaysia, sewa mobil. Lalu menyetir dan berhenti di beberapa tempat untuk melihat-lihat," jelas Dato' Ng.

Selain itu, produk ini dibuat untuk menyasar turis agar tinggal lebih lama di Malaysia. Sebab, lanjutnya, perjalanan darat apalagi ditambah acara menyelam, akan membuat turis lebih lama berada di Malaysia.

"Saat menyetir, di kanan kiri, turis akan lihat hutan hijau dan pantai," ungkapnya.

Salah satu andalan produk pariwisata Malaysia lainnya adalah wisata seni. Menurut Dato' Ng, wisata seni bisa menjadi bagian dari produk "Fly and Drive".

"Turis yang 'Fly and Drive' pasti akan banyak mengambil foto. Foto adalah bagian dari seni juga. Turis yang mengambil foto bisa kirim balik ke kami. Foto-foto ini akan kami pamerkan dalam pameran pengalaman 'Fly and Drive' pertama kali," katanya.

Produk ini juga didukung oleh harga bahan bakar yang murah di Malaysia. Sebagai gambaran, bensin 1 liter di Malaysia hanya 190 sen Ringgit Malaysia (RM). Bandingkan dengan bensin di Indonesia yang mencapai 1 RM per liter. Sementara harga bensin di China sebesar 4 RM per liter dan India 5 RM per liter.

"Semua kita subsidi. Di Malaysia, bensin disubsidi, jadi harganya murah. Inilah mengapa kami ingin mempromosikan 'Fly and Drive', sebab bensin di Malaysia murah," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com