Kompas.com - 24/09/2012, 08:20 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Pada sisa tiga bulan hingga akhir tahun 2012 ini, Pemerintah RI diperkirakan masih akan menerbitkan surat berharga negara (SBN) senilai Rp 63,6 triliun. Ini merupakan sisa target penerbitan tahun 2012 sebesar Rp 270,4 triliun.

Sisa penerbitan tersebut, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (24/9/2012), tampaknya masih akan diserap pasar, terutama karena likuiditas global cukup berlimpah.

Ini searah dengan injeksi likuiditas dari beberapa bank sentral seperti Bank Sentral Eropa, The Federal Reserve dan Bank of Japan dalam sebulan terakhir.

Pada sembilan bulan pertama, target tersebut sudah tercapai sebesar Rp 206,8 triliun atau 76 persen dari total. Menurut Lana, indikasi serapan lelang yang masih cukup baik terlihat dari lelang terakhir SBN -surat utang negara (SUN) pada Selasa (11/9/2012) lalu dan sukuk pada Selasa (18/9/2012) berikutnya- yang masih tercatat mengalami kelebihan permintaan.

Pada pekan ini, Selasa (25/9/2012), pemerintah akan melelang lima seri SUN dengan target indikatif Rp 5 triliun. Lelang SUN sebelumnya tercatat mengalami kelebihan permintaan 2,8 kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.