Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Berlimpah, Penerbitan Surat Berharga Negara

Kompas.com - 24/09/2012, 08:20 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pada sisa tiga bulan hingga akhir tahun 2012 ini, Pemerintah RI diperkirakan masih akan menerbitkan surat berharga negara (SBN) senilai Rp 63,6 triliun. Ini merupakan sisa target penerbitan tahun 2012 sebesar Rp 270,4 triliun.

Sisa penerbitan tersebut, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (24/9/2012), tampaknya masih akan diserap pasar, terutama karena likuiditas global cukup berlimpah.

Ini searah dengan injeksi likuiditas dari beberapa bank sentral seperti Bank Sentral Eropa, The Federal Reserve dan Bank of Japan dalam sebulan terakhir.

Pada sembilan bulan pertama, target tersebut sudah tercapai sebesar Rp 206,8 triliun atau 76 persen dari total. Menurut Lana, indikasi serapan lelang yang masih cukup baik terlihat dari lelang terakhir SBN -surat utang negara (SUN) pada Selasa (11/9/2012) lalu dan sukuk pada Selasa (18/9/2012) berikutnya- yang masih tercatat mengalami kelebihan permintaan.

Pada pekan ini, Selasa (25/9/2012), pemerintah akan melelang lima seri SUN dengan target indikatif Rp 5 triliun. Lelang SUN sebelumnya tercatat mengalami kelebihan permintaan 2,8 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com