Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Mari Pangestu Kagumi Kocca

Kompas.com - 24/09/2012, 17:03 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengagumi Korea Creative Content Agency (Kocca). Kekaguman Mari Pangestu disampaikan ketika mengunjungi kantor Kocca di Seoul, Korea Selatan.

Kocca adalah lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Korsel. Kocca menjadi tempat berkarya para pelaku industri kratif Korsel berbasis pada animasi, game, desain, dan penulisan.

"Tempat seperti ini harusnya ada di Indonesia," kata Mari Pangestu ketika mengunjungi Kocca, Senin (24/9/2012) di Seoul, Korsel, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas, Andy Riza Hidayat.

Hadir dalam pertemuan itu beberapa perwakilan Asosisi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (Ainaki), direksi stasiun televisi nasional, dan pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Beberapa kali Mari Pangestu menanyakan mengenai operasional Kocca, dan kontribusinya terhadap industri kreatif di Korsel. Mari dan rombongan juga melihat langsung, bagaimana pelaku industri kreatif Korsel bekerja. Salah satunya adalah melihat penulis Korsel membuat karya di Lantai 13 Gedung Kocca.

Kocca menyediakan tempat khusus dan dana bagi penulis yang lolos seleksi. Naskah terpilih dipakai sebagai naskah pembuatan drama atau film. Penulis dapat bekerja di tempat yang nyaman dengan fasilitas lengkap.

Kedatangan Mari dan rombongan disambut pimpinan Kocca, di antaranya adalah CEO Kocca Hong Sang-Pyo. Dalam sambutannya, Hong menyampaikan penghargaannya atas kedatangan Mari dan rombongan. Kocca, katanya, membuka pintu seluas-luasnya bekerja sama dengan Indonesia.

"Kami mengundang musisi Indonesia datang ke sini untuk mengikuti seleksi dan berproduksi bersama,"kata Hong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com