Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Listrik Naik, Tiket Kereta Juga Naik?

Kompas.com - 24/09/2012, 17:35 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana kenaikan tarif dasar listrik sebesar 15 persen pada tahun depan diperkirakan juga akan menyebabkan kenaikan harga tiket kereta rel listrik (KRL) khususnya di Jabodetabek. Alasannya, komponen biaya terbesar dari tiket berasal dari tarif listrik.

"Kalau tarif listrik jadi naik tahun depan, harga tiket kereta juga akan naik. Kontribusi harga tiket terbesar dipicu oleh harga listrik," kata Direktur Keuangan KAI Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo di kantor KAI Commuter Jabodetabek di Stasiun Juanda Jakarta, Senin (24/9/2012).

Kendati demikian, pihak KAI Commuter Jabodetabek belum menghitung kemungkinan kenaikan harga tiket untuk KRL AC tersebut, khususnya pada tahun depan.

Saat ini, mulai 1 Oktober mendatang, pihak KAI Commuter Jabodetabek memang akan menaikkan harga tiket commuter sebesar Rp 2.000 di setiap tujuan commuter di Jabodetabek. Rinciannya adalah commuter dengan tujuan Bogor-Jakarta Kota/Jatinegara menjadi Rp 9.000, Bogor-Depok Rp 8.000, Depok-Jakarta Kota/Jatinegara Rp 8.000, Bekasi-Jakarta Kota Rp 8.500, Tangerang-Duri Rp 7.500 dan Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang Rp 8.000.

"Kenaikan ini juga dipicu karena biaya impor gerbong kereta dari Jepang sudah tinggi, yaitu 10 persen. Ini terlalu memberatkan," tambahnya.

Sekadar catatan, pemerintah memang sudah setuju untuk menaikkan tarif dasar listrik sebesar 15 persen secara bertahap pada tahun depan. Pemerintah beralasan, jika tarif listrik tidak naik, maka subsidi pemerintah bisa membengkak hingga Rp 93 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com