Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Gaet Alfamart, Kian Mudah Pesan Tiket

Kompas.com - 28/09/2012, 18:35 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pemilik jaringan minimarket Alfamart, untuk melayani pembayaran kode pemesanan tiket kereta api yang ada di pulau Jawa, Sumatera, dan Bali.

Ini berarti calon penumpang kereta api kian mudah merampungkan pemesanan tiket secara online, tanpa  harus mencari anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat.

Penandatanganan kerja sama itu berlangsung di depan gerai Alfamart di Stasiun Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/9/2012). Yang mewakili PT KAI adalah Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito, sementara perwakilan PT Sumber Alfaria Trijaya adalah Corporate Affair Director Solihin.

Calon penumpang dapat memesan tiket melalui situs resmi PT KAI, kemudian mereka mendapatkan kode pemesanan untuk dibayar di ATM waktu yang dimiliki adalah tiga jam sebelum pemesanan mereka hangus. Dengan kerja sama ini, pembayaran tidak harus dilakukan di ATM tapi bisa di gerai Alfamart yang tersebar di sepanjang Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

"Kami harapkan tidak ada pemesanan yang hangus karena lebih cepat menemukan gerai kami daripada ATM," kata Solihin.

Dengan pembayaran di Alfamart, kasir tetap bisa memastikan kode pemesanan dengan mengulangi nama penumpang, kereta yang dipakai, hingga waktu keberangkatan. Tanda pembayaran itulah yang bisa ditukarkan menjadi tiket di stasiun sehingga calon penumpang tidak lagi harus mengantre.

Solihin berharap, kerja sama ini kian mempermudah calon penumpang yang hendak bepergian menggunakan kereta api, terutama pada arus mudik Lebaran. Dengan pemesanan 90 hari menjelang keberangkatan, diharapkan tidak ada lagi cerita harus antre panjang di stasiun demi mendapatkan tiket karena hal itu bisa dilakukan di depan komputer.

Wimbo menuturkan, kebijakan ini seiring dengan pembenahan PT KAI dengan sistem boarding yakni mengharuskan nama yang tercantum pada tiket sesuai dengan kartu identitas penumpang bersangkutan. Selain itu, juga kebijakan satu nama satu kursi sehingga tidak lagi ada cerita penumpang yang berdesakan di setiap perjalanan kereta.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com