Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Jadi Bank Terbaik

Kompas.com - 01/10/2012, 09:18 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mendapat penghargaan sebagai The Best Bank in Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan di ajang Asia Money Best Bank Awards 2012 di Hongkong. Penghargaan tersebut diserahkan Editor Asia Money Richard Morrow kepada Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi di Hong Kong Jockey Club, Happy Valley, akhir pekan lalu.

Selain digelari sebagai bank terbaik, Mandiri juga dianugerahi penghargaan lain sebagai Best Domestic Providers of FX Services. "Pengakuan internasional ini pun akan semakin menumbuhkan semangat kami dalam mewujudkan keinginan menjadi salah satu bank utama di kawasan Asia Tenggara," kata Riswinandi.

Asia Money setiap tahun melakukan penilaian terhadap institusi keuangan di berbagai negara. Kriteria yang digunakan dalam proses penilaian tersebut antara lain kemampuan keuangan bank, termasuk dari sisi aset dan laba, serta konsistensi dalam membukukan pertumbuhan. Penilaian juga didasarkan pada kemampuan bank untuk beradaptasi dan berinovasi dalam memenuhi kebutuhan transaksi nasabah yang terus berkembang.

Selain itu, Finance Asia juga menganugerahi perusahaan anak Bank Mandiri, yaitu PT Mandiri Sekuritas sebagai Best Domestic Equity House dan Best Domestic Debt House in Indonesia. Bank Syariah Mandiri pun didaulat sebagai The Best Islamic Bank in Indonesia.

Bank Mandiri mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 26,6 persen menjadi Rp 350,4 triliun pada kuartal II-2012. Pencapaian itu mendukung peningkatan total aset Bank Mandiri menjadi Rp 571,8 triliun, tumbuh 20,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 474,9 triliun.

Kinerja positif pada sisi intermediasi tersebut memacu pertumbuhan laba bersih perusahaan yang mencapai Rp 7,1 triliun pada kuartal II-2012. Sementara itu, kualitas aset produktif juga tetap terjaga dengan baik, yang terlihat pada rasio kredit bermasalah (NPL) netto sebesar 0,55 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com