Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Gelar Pameran Pasar

Kompas.com - 03/10/2012, 14:17 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menggelar Pameran Pasar Indonesia. Ajang untuk memamerkan dan menjual produk ini diikuti oleh 171 mitra binaan Bank Mandiri.

Pembukaan Pameran Pasar Indonesia dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan yang didampingi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Mari Elka Pangestu dan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini di Jakarta Convention Center (JCC), pada Rabu (3/10/2012).

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengungkapkan kegiatan ini merupakan dukungan dan fasilitas promosi pemasaran bagi mitra binaan, khususnya yang bergerak di bidang industri kreatif untuk memperluas pangsa pasar nasional maupun internasional.

"Kegiatan ini merupakan bukti komitmen kami dalam membina dan mengembangkan Usaha kecil dan menengah di Indonesia. UKM yang kuat akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan," ungkap Zulkifli.

Dalam kegiatan ini, para mitra binaan menampilkan aneka produk kerajinan kreatif dan kuliner khas Indonesia mulai dari kain batik, pakaian jadi, leather & accesoris, handycraft serta aneka makanan tradisional.

Pada event tahunan yang digelar pada 3-7 Oktober 2012 tersebut, Bank Mandiri menargetkan sekitar 30.000 pengunjung akan mendatangi lokasi pameran di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, atau naik sekitar 86 persen dari jumlah pengunjung tahun lalu. Sedangkan frekuensi jumlah transaksi harian pada ditargetkan mencapai Rp 1 miliar, hampir 50 persen lebih tinggi dari rata-rata frekuensi transaksi penyelenggaran tahun lalu yang sebesar Rp 675,14 juta per hari.

Berdasarkan pengalaman selama ini, terbatasnya akses pasar merupakan salah satu masalah yang cukup menghambat perkembangan bisnis UKM. Untuk itu, selain di JCC, Bank Mandiri juga menggelar kegiatan Pasar Indonesia di beberapa mal ternama di Indonesia guna menyasar konsumen yang lebih besar. Lokasi-lokasi tersebut antara lain Cilandak Townsquare, Mal Taman Anggrek, Margocity Depok, dan Kelapa Gading Mal.

Hingga Agustus 2012, Zulkifli menambahkan, Bank Mandiri telah memiliki 4.869 orang mitra binaan baru di seluruh Indonesia dengan nilai program kemitraan (PK) yang disalurkan pada periode tersebut mencapai Rp 116,05 miliar. Dalam penyaluran program kemitraannya, Bank Mandiri menekankan pada 2 strategi utama, yaitu penyaluran secara langsung kepada calon mitra binaan (dengan melibatkan sekitar 40 titik penyalur di seluruh Indonesia) dan pola linkage (melalui aliansi dengan mitra kerjasama anchor client).

"Hingga saat ini tercatat ada  515 mitra binaan yang telah berhasil naik kelas. Dari jumlah itu, tercatat 501 pengusaha kini menjadi nasabah mikro banking dan 14 pengusaha menjadi nasabah business banking," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com