Kompas.com - 05/10/2012, 10:54 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah) bersiap-siap melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada 2014. Saat ini, perseroan sedang menyiapkan segala dokumen dan keuangannya.

Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Susanto menjelaskan, keinginan untuk IPO ini sesuai dengan rencana bisnis bank (RBB) perseroan. "Kita rencanakan IPO pada 2014. Semoga kondisinya mendukung. Saat ini masih on track," kata Hadi saat ditemui di acara Amankah Dana Haji Lewat Perbankan Syariah dan Bagaimana Layanannya di MNC Tower, Jakarta, Kamis (4/10/2012) malam.

Menurut Hadi, rencana IPO perseroan tersebut masih tahap awal. Pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi pada 2014 nanti. Hingga saat ini, perseroan belum memilih penjamin emisi (underwriter) atas pelaksanaan acara tersebut. Begitu juga laporan keuangan yang akan disiapkan untuk dokumen IPO.

Hadi menambahkan saat ini modal dasar BRIS sudah mencapai Rp 1 triliun dan rencananya BRIS akan kembali meminta suntikan modal kepada BRI. "Saya akan segera bicara ke direksi BRI untuk suntikan modal lagi, mungkin kami minta tambahan sekitar Rp 1 triliun lagi," tuturnya.

Sekadar catatan, dana pihak ketiga BRI Syariah hingga Agustus 2012 mencapai Rp 9,9 triliun, naik dibanding 2011 sebesar Rp 8,6 triliun. Sementara pembiayaannya di periode yang sama mencapai Rp 10,1 triliun, naik dibanding 2011 sebesar Rp 8,9 triliun. "Kami targetkan hingga akhir tahun pembiayaan bisa mencapai Rp 13 triliun," tambahnya.

Sekadar informasi, saat ini sudah mulai banyak bank syariah yang ingin IPO. Mulai dari Bank Syariah Mandiri pada tahun 2014 dan Bank Muamalat pada semester I/2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.