Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, Kenaikan Uang Muka Bikin "Lesu"!

Kompas.com - 05/10/2012, 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peraturan minimal uang muka 30 persen untuk kredit pembiayaan rumah ukuran luas di atas 70 meter persegi (m2) yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) 15 Juni lalu ternyata "sukses" memperlambat pertumbuhan rumah kelas menengah semester I tahun ini. Demikian disampaikan konsultan properti Cushman & Wakefield yang telah melakukan penelitian terhadap pengembang perumahan di daerah Jabodetabek.

Cushman & Wakefield mencatat, pertumbuhan pasokan rumah semua segmen kelas menengah semester 1 2012 hanya naik 1,8 persen, tak jauh berbeda dibandingkan pertumbuhan semester II tahun 2011 yang tumbuh 1,72 persen. Pertumbuhan paling lambat terjadi pada perumahan kelas menengah, yakni 0,97 persen. Sementara permintaan pada semester I tahun 2012 hanya tumbuh 2,66 persen. Angka pertumbuhan itu terbilang kecil jika dibandingkan pertumbuhan permintaan semester sebelumnya.

"Pelambatan pertumbuhan disebabkan terjadi saling tarik-menarik antara pengembang dan pembeli rumah kelas menengah. Pengembang menahan unitnya karena ingin melihat situasi pasar setelah beleid ditetapkan, begitu pula dengan para calon pembeli," ujar Arief Rahardjo, Head of Research and Advisory Cushman & Wakefield, dalam paparan risetnya di Jakarta, Kamis (4/10/2012) kemarin.

Sekadar catatan, semester I tahun ini, pasokan perumahan paling banyak ada di Tangerang, yakni sebesar 137.430 unit atau 46 persen dari total pasokan 298.391 unit. Peringkat kedua dari kawasan Bekasi sebanyak 78.729 unit atau 26 persen, disusul dari Bogor dan Depok yang sebanyak 61.619 unit atau sekitar 21 persen dari total pasokan. (Melati Amaya Dori)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com