Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Wall Street Bervariasi

Kompas.com - 06/10/2012, 08:53 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Wall Street bervariasi dalam perdagangan Jumat (5/10/2012) waktu setempat (Sabtu pagi WIB), mengabaikan kenaikan awal didukung laporan pekerjaan September yang kuat dan kedata yang menunjukkan kenaikan pengeluaran berbasis kredit konsumen.

Pada awal indeks Dow dan S&P sempat mencapai tertinggi lima tahun, sebelum kembali terkikis dalam satu jam terakhir perdagangan.

Pada bel penutupan saham unggulan (blue-chip) Dow Jones Industrial Average naik 34,79 poin (0,26 persen) pada 13.610,15. Indeks S&P 500 bahkan tergelincir 0,47 poin (0,03 persen) pada 1.460,93, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq kehilangan 13,27 poin (0,42 persen) menjadi 3.136,19.

Data Departemen Tenaga Kerja untuk September menempatkan tingkat pengangguran resmi di 7,8 persen, turun dari 8,1 persen. Ini merupakan tingkat terendah sejak Januari 2009, bulan dimana Presiden Barack Obama mulai berkuasa.

Data dari survei yang dilakukannya kurang kuat, menunjukkan moderat 114.000 pekerjaan baru bersih yang dihasilkan, namun angka bulan sebelumnya direvisi lebih tinggi, mendasari penunjukkan lebih baik dalam data September.

"Sementara media mungkin berkonsentrasi pada fakta bahwa tingkat gaji memburuk pada bulan September, mendasari kecenderungan dalam data yang sangat positif," kata Briefing.com.

Saham didorong 0,8 persen lebih tinggi pada awal perdagangan sebelum menyerahkan keuntungan mereka di sore hari. "Kami menghapus sebagian besar kenaikan hari ini di akhir sesi karena tidak ada orang lagi di pasar, seperti yang sering terjadi hari-hari ini pada Jumat sore," kata Gregori Volokhine dari Meeschaert Prancis.
    
Bank of America memimpin perdagangan NYSE dengan kerugian 1,0 persen, sementara di Nasdaq, saham Apple turun 2,1 persen. Saham  pembuat game Zynga tenggelam 11,9 persen setelah mengurangi prakiraan permintaan tahun ini lebih rendah.

Sprint Nextel melompat 2,2 persen karena laporan kemungkinan merespon langkah T-Mobile mengambil alih Metro PCS dengan sebuah kontra tawaran. MetroPCS kehilangan 0,3 persen.

Chipotle Mexican Grill terus merosot setelah hedge fund manager David Einhorn pada Selasa merekomendasikann melepas saham tersebut, mengatakan saham itu rentan terhadap persaingan yang gesit. Saham Chipotle kehilangan 4,5 persen, membawa kerugian pekan ini menjadi 11,5 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com