Kompas.com - 10/10/2012, 14:30 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berhasil membongkar praktik produksi minuman mengandung etil alkohol (miras) ilegal dan tidak berpita cukai. Ribuan botol miras berhasil diamankan dari pabrik tersebut berikut seorang tersangka, RD alias AF, yang saat ini masih dalam proses penyidikan.

"Kami bongkar produksi dua jenis miras ilegal. Miras dalam negeri dan miras produk impor," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Jakarta, Rabu (10/10/2012) siang.

Agung mengatakan, terbongkarnya kasus tersebut berkat kerja sama antara Kanwil DJBC bersama kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Marunda, Jakarta Barat, setelah melakukan pengintaian selama dua bulan. Penggerebekan dilakukan pada 28 September 2012 lalu di Jalan Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat. Dalam penggerebekan itu, diperoleh 86 karton (1.032 botol) miras ilegal dan tidak berpita cukai yang semula akan didistribusikan. Adapun pabrik dari seluruh miras itu berada di Jalan Menceng Raya, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

"Kami lakukan pengintaian selama dua bulan. Barulah terungkap kalau pabriknya itu home industry, tertutup, dan melakukan usahanya secara sembunyi-sembunyi," ungkapnya.

Atas perbuatannya, tersangka terancam Pasal 50 dan 54 Undang-Undang Bea dan Cukai. Ancaman hukumannya maksimal pidana penjara selama lima tahun. Selain itu, tersangka juga diancam sanksi denda maksimal sepuluh kali harga cukainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.