Kompas.com - 11/10/2012, 06:51 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Saat menerima gaji bulanan biasanya Anda langsung memikirkan barang-barang dan kebutuhan yang ingin dibeli. Hal ini tidaklah salah, karena Anda punya hak khusus untuk menikmati hasil jerih payah yang sudah Anda lakukan selama satu bulan penuh. Hanya saja, jangan lupa untuk menyisihkan gaji untuk ditabung demi perencanaan masa pensiun.

"Mempersiapkan dana pensiun sejak dini merupakan langkah yang harus diperhitungkan oleh semua perempuan Indonesia, salah satunya dengan berinvestasi," jelas Harsya Prasetyo, Senior Vice President-Retail Investment and Consumer Treasury Head Citi Indonesia dalam talkshow keuangan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam perencanaan keuangan jangka panjang, perempuan dianggap konservatif dan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi, sehingga mereka kurang percaya diri untuk berinvestasi. Padahal ada cara yang lebih mudah dan sederhana untuk mulai berinvestasi.

"Menabung juga salah satu bentuk investasi. Biasakan untuk selalu menabung setiap bulannya. Misalnya dimulai dengan menabung Rp.50.000 per hari dan dikumpulkan selama satu bulan. Ini bisa membantu mengontrol pengeluaran secara bertahap," tukas Hario Soeprobo, President Director First State Investment Indonesia.

Jumlah tabungan setiap bulannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan utama setiap bulan. Namun ia menyarankan untuk selalu menyisihkan minimal 10 persen dari pendapatan Anda setiap bulan untuk diinvestasikan.

Setelah tabungan yang terkumpul cukup banyak, langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan "level" tabungan menjadi deposito, reksadana, saham, emas, properti, dan lain-lain.

"Dengan demikian setidaknya Anda punya jaminan dan kemandirian finansial untuk mempersiapkan masa pensiun kelak," pungkas Hario.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.