Kompas.com - 12/10/2012, 08:12 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat kreditor PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dalam proses pailit sudah dimulai Rabu (10/10/2012) lalu. Nah, dari rapat kreditor perdana tersebut tercatat ada 39 kreditor Telkomsel hadir. Namun, dari nama-nama kreditor tidak tertera nama PT Extent Media Indonesia. 

Ketidakhadiran Extent Media ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Extent Media ini tercatat sebagai kreditor yang disebutkan PT Prima Jaya Informatika dalam permohonan pailit terhadap Telkomsel. Sekadar mengingatkan, hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan pailit terhadap Telkomsel yang dianggap memenuhi dua syarat kepailitan. Pertama, Telkomsel dianggap memiliki utang jatuh tempo sebesar Rp 5,3 miliar ke Prima Jaya. Kedua, Telkomsel mempunyai kreditor lain, yakni Extent Media, dengan nilai tagihan sebesar Rp 40 miliar.

Kuasa hukum Extent Media, Hinca Panjaitan, mengatakan, kliennya tak menghadiri rapat kreditor Telkomsel lantaran merasa tidak diundang. Padahal, tim kurator sudah membuat pengumuman adanya rapat kreditor Telkomsel lewat iklan di meda massa. 

Namun, Edino Girsang, kurator pailit Telkomsel, bilang, ketidakhadiran Extent Media tidak menjadi masalah. "Extent akan tetap kami catat sebagai salah satu kreditor, meskipun tidak mendaftar," kata Edino.

Menurut kuasa hukum Telkomsel, Ricardo Simanjuntak, Telkomsel sudah tidak memiliki kewajiban apa pun ke Extent Media. Hal itu pula yang menjadi salah satu materi kasasi yang Telkomsel ajukan ke Mahkamah Agung (MA).

Sementara Kanta Cahya, kuasa hukum Prima Jaya, mengatakan, pada saat diajukan pailit, Extent Media memang masih memiliki tagihan ke Telkomsel. "Namun, ada pembayaran yang dilakukan Telkomsel setelah permohonan pailit didaftarkan," ujarnya. Menurut Kanta, langkah pembayaran utang itu melanggar UU Kepailitan. Teka-teki apakah Extent Media masih tercatat sebagai kreditor Telkomsel atau bukan akan diketahui pada Jumat (12/10/2012) ini, yang merupakan batas akhir pendaftaran kreditor Telkomsel. (Asep Munazat Zatnika/Kontan)

Ikuti Artikel Terkait Lainnya di Topik TELKOMSEL DIPAILITKAN

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X