Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Sosok Bersinar di Medan Merdeka Selatan

Kompas.com - 17/10/2012, 11:39 WIB
Didik Purwanto

Penulis

KOMPAS.com — Dahlan Iskan dan Joko Widodo. Dua sosok yang selama ini menjadi trending topic pemberitaan di media massa akhirnya bertemu dalam satu meja.

Sebenarnya, dua orang beda gaya ini bukan pertama kali bertemu. Namun, pertemuan yang terjadi pada Selasa sore di kantor Kementerian BUMN ini merupakan pertemuan yang cukup hangat diperbincangkan.

Apalagi, Jokowi (begitu akrab disapa) baru sehari dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta sehingga segala tindakan, perkataan, dan tingkah laku mantan Wali Kota Solo ini selalu menjadi incaran media massa.

Kini, Dahlan Iskan baru genap setahun menjabat sebagai Menteri BUMN. Sementara Jokowi baru tiga hari secara resmi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dua orang keturunan Jawa yang sama-sama menduduki takhta di Medan Merdeka Selatan, sebuah nama jalan yang menggambarkan letak kantor masing-masing sosok tersebut.

Meski belum lama menjabat di masing-masing posisinya, dua nama ini santer diperbincangkan dan digadang-gadang menjadi calon presiden dan wakil presiden 2014-2019. Namun, apa pendapat keduanya? "Saya jadi Gubernur DKI Jakarta ini saja sudah pusing. Jadi, jangan ditanya soal itu," kata Jokowi selepas mengunjungi Menteri BUMN Dahlan Iskan di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Menurut Jokowi, tugas sebagai orang nomor satu di Jakarta sudah cukup memusingkan. Apalagi bila harus mengurus masyarakat satu negara. Maka dari itu, Jokowi lebih berpikir bagaimana mengurus dan menata masyarakat Jakarta secara benar dan menjalankan tugas sesuai program yang telah dijanjikan. "Saya mau konsentrasi kerja. Saya mau fokus dulu," jawabnya.

Di tempat yang sama, Menteri BUMN Dahlan Iskan yang cukup banyak suara menjagokannya sebagai calon presiden 2014 juga tidak banyak berkomentar. Namun, dia percaya takdir. "Itu campur tangan Tuhan. Tuhan sangat menentukan. Saya percaya dengan takdir dan untuk jabatan itu (calon presiden), takdir Tuhan sangat menentukan," jawab Dahlan.

Entah pernyataan dari kedua sosok ini bersifat hanya pencitraan atau secara kebetulan, publik akan menilai sendiri kinerja dari kedua sosok tersebut. Apakah layak menggantikan sosok yang kini sedang menjabat di Medan Merdeka Utara alias nama jalan yang melintas di depan Istana Merdeka? Kita tunggu saja.

Simak kisah sosok lainnya di rubrik Sosok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com