Kompas.com - 25/10/2012, 13:33 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia Edy Setiadi mengatakan, kebijakan loan to value (LTV) pada perbankan syariah memiliki regulasi yang sama dengan perbankan konvensional. Regulasi tersebut akan mulai ditetapkan tahun depan.

"Sama dengan yang ditetapkan pada bank konvensional, tidak akan ada perbedaan," katanya di Jakarta, Rabu (24/10/2012) sore kemarin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, besaran LTV dan down payment (DP) untuk kredit properti dan otomotif akan sama dengan pengaturan pada bank konvensional. Dia juga mengatakan, rencana penerapan kebijakan LTV dapat dipahami oleh perbankan syariah.

"Prinsipnya, jika BI yang mengatur, apalagi karena itu masalah makro, bank syariah akan memahami dan mengikuti kebijakan tersebut," katanya.

Edy Berpendapat, meski terjadi perlambatan pada total pembiayaan KPR sebesar 13 %, ada pembiayaan lain yang nilainya juga meningkat. Apalagi, lanjut dia, bank juga sudah mengantisipasi dengan cara menjual produk unggulan lain.

Mengenai dampak kebijakan LTV itu, menurut Edy, belum bisa dipastikan dengan gamblang. Terutama karena total pembiayaan tidak turun secara drastis.

"Peningkatan pembiayaan masih tetap ada, tidak otomatis turun, jadi kami belum bisa memastikan akan seberapa besar pengaruh kebijakan itu nanti," katanya.

Kebijakan LTV untuk kredit pemilikan rumah (KPR) sebelumnya telah diterapkan pada bank konvensional sejak 15 Juni lalu. Pemberlakuan uang muka minimal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kehati-hatian bank yang melakukan aktivitas KPR.

BI menilai, kebijakan LTV akan lebih efektif jika pengaturan serupa juga berlaku di bank syariah. Terlebih karena banyak nasabah yang beralih ke perbankan syariah karena permohonan KPR yang tidak tembus di perbankan konvensional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.