Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BNI Incar Mahasiswa Terbaik Indonesia Timur

Kompas.com - 01/11/2012, 11:13 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk secara intensif memperdalam upaya perekrutan mahasiswa terbaik dari Papua dan Papua Barat, umumnya kawasan Indonesia timur, untuk diberi kesempatan berkarier di BNI.

Sepanjang tahun ini, BNI sudah membantu 271 mahasiswa terbaik dari kawasan Indonesia timur hingga lulus kuliah dengan beasiswa dan mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan dan latihan sebagai pegawai bank dan kini bekerja di BNI.

"Kami sangat fokus melakukan itu dalam 2-3 tahun terakhir. Tujuan kami adalah mengembangkan potensi lokal, salah satu program unggulan kami adalah program pengembangan pegawai (ODP) khusus untuk para mahasiswa lokal," ungkap Pemimpin Divisi Human Capital BNI Anggoro Eko Cahyo di Jayapura, Kamis (1/11/2012).

Menurut Anggoro, tahun 2011, saat seluruh operasional layanan perbankan BNI di Indonesia timur masih dikoordinasi dari Makassar, ada 47 mahasiswa terbaik yang masuk program ODP.

Kemudian, pada 2012, 271 orang lainnya mengikuti ODP, dan 61 orang di antaranya sudah kembali ke Papua dan Papua Barat untuk ditempatkan di kantor-kantor cabang BNI yang ada di sana.

"Adapun dari 47 peserta ODP tahun 2011, sudah enam yang kembali ke Papua dan Papua Barat. Dengan demikian, sejak dua tahun terakhir ini, BNI sudah melakukan prekrutan ODP lokal sebanyak 310 orang. Ada yang dari Papua dan dari Makassar. Namun, tetap dengan konsep mengambil potensi lokal," ujarnya.

Pada saat yang sama, BNI juga terus mempererat kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di Papua dan Papua Barat, yakni Universitas Cendrawasih, Universitas Negeri Papua, dan Universitas Musamus.

Beberapa inisiatif yang dibangun BNI dengan ketiga rektor antara lain adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa semester 6-7 untuk kuliah di universitas-universitas di luar Papua dan Papua Barat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com