Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Terkaya Irlandia Dipenjara

Kompas.com - 03/11/2012, 00:26 WIB
Simon Saragih

Penulis

DUBLIN, KOMPAS.com - Sean Quinn, taipan bangkrut yang pernah menjadi orang terkaya Irlandia, dipenjarakan pada hari Jumat (2/11/2012) di Dublin, Irlandia.

Milioner yang kaya berkat usaha sendiri ini dinyatakan bersalah karena melucuti perusahaan miliknya yang ada di luar negeri agar tidak kena sita bank. Putra seorang petani ini bangkit berkat usaha properti yang dimulai pada dekade 1970-an.

Kebangkitan bisnis membuatnya melakukan ekspansi bisnis hingga ke luar negeri seperti India, Rusia, Ukraina dan merambah ke perhotelan hingga bisnis asuransi. Dia juga pernah menjadi bagian dari pemilik Anglo Irish Bank.

Akan tetapi krisis ekonomi di AS akibat kemacetan kredit di sektor properti turut menghantam perbankan Eropa, yang banyak mengucurkan kredit ke sektor perumahan di AS.

Anglo Irish Bank menjadi bangkrut dan dilikuidasi setelah sempat menerima suntikan dana 33 miliar dollar AS dari pemerintah Irlandia. Para pengacara untuk Anglo, yang sudah dilkuidasi, menyatakan asset-aset Quinn harus disita karena telah menerima kucuran pinjaman dari bank itu pada dekade 1990-an hingga dekade 2000-an.

Namun Quinn mencoba mengelabui dengan melepas berbagai perusahaan yang tadinya dia miliki menjadi milik rekan-rekannya di seberang. Atas tindakan itu dia dinyatakan bersalah dan dipenjarakan tetapi akan dilepas pada 4 Januari 2013.

"Apa saya melakukan kesalahan dalam dua tahun terakhir? Ya, saya bersalah. Apakah saya meminta maaf, ya saya sudah meminta maaf. Ini sebuah kesalahan kecil ketimbang lenyapnya kekayaan kami yang sungguh seperti bencana," kata Quinn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com