Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Diprediksi Tumbuh 6,2-6,3 Persen

Kompas.com - 05/11/2012, 08:22 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi untuk triwulan ketiga 2012 pada Senin (5/11/2012). Hasil survei analis Bloomberg memperkirakan, kisaran pertumbuhan ekonomi domestik 6,2-6,3 persen dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

Perkiraan Samuel Sekuritas Indonesia, sebagaimana diungkapkan ekonomnya, Lana Soelistianingsih, 6,33 persen yoy. Hal itu ada dalam kisaran ekspektasi analis.

Dorongan pertumbuhan diperkirakan masih kuat berasal dari konsumsi masyarakat, walaupun agak tertahan karena kebijakan loan to value ratio untuk pembelian motor dan investasi yang masih kuat hingga triwulan ketiga.

Sedangkan pengeluaran pemerintah ada perbaikan tetapi belum signifikan terutama karena belanja rutin (pegawai), sedangkan belanja modal masih lemah.

Untuk ekspor juga diperkirakan ada perbaikan, karena kinerja ekspor Agustus dan September terlihat membaik.

Pada triwulan kedua lalu ekonomi kita tumbuh 6,4 persen, dengan pertumbuhan di sepanjang semester I tercatat 6,3 persen, di bawah asumsi makro pada APBN-P 2012 sebesar 6,5 persen yoy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com