Kompas.com - 05/11/2012, 08:22 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi untuk triwulan ketiga 2012 pada Senin (5/11/2012). Hasil survei analis Bloomberg memperkirakan, kisaran pertumbuhan ekonomi domestik 6,2-6,3 persen dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

Perkiraan Samuel Sekuritas Indonesia, sebagaimana diungkapkan ekonomnya, Lana Soelistianingsih, 6,33 persen yoy. Hal itu ada dalam kisaran ekspektasi analis.

Dorongan pertumbuhan diperkirakan masih kuat berasal dari konsumsi masyarakat, walaupun agak tertahan karena kebijakan loan to value ratio untuk pembelian motor dan investasi yang masih kuat hingga triwulan ketiga.

Sedangkan pengeluaran pemerintah ada perbaikan tetapi belum signifikan terutama karena belanja rutin (pegawai), sedangkan belanja modal masih lemah.

Untuk ekspor juga diperkirakan ada perbaikan, karena kinerja ekspor Agustus dan September terlihat membaik.

Pada triwulan kedua lalu ekonomi kita tumbuh 6,4 persen, dengan pertumbuhan di sepanjang semester I tercatat 6,3 persen, di bawah asumsi makro pada APBN-P 2012 sebesar 6,5 persen yoy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.