Kompas.com - 05/11/2012, 16:26 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah menargetkan, rencana pengembangan tahap dua lapangan gas Tangguh, di Teluk Bintuni, Papua Barat, akan ditandatangani pada akhir November mendatang. Ini merupakan tindak lanjut persetujuan pemerintah atas beberapa prinsip terkait rencana pengembangan lanjutan proyek tersebut.  

Hal ini dikemukakan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Evita H Legowo, usai menghadiri acara forum dialog para pemangku kepentingan sektor migas, Senin (5/11/2012), di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.  

Sebelumnya Pemerintah Indonesia secara prinsip telah menyetujui rencana pengembangan tahap dua proyek gas train (unit) tiga Tangguh. Dengan persetujuan itu, maka proyek pengembangan gas itu ditargetkan bisa segera dilaksanakan.

Hal itu dituangkan dalam perjanjian antara Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas dan BP, perusahaan migas Inggris. Proyek itu memerlukan tambahan investasi senilai 12 miliar dollar AS atau setara Rp 115,32 triliun.  

Menurut Evita, dalam kunjungan kenegaraan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris pekan lalu, pemerintah telah membahas rencana pengembangan tahap dua atau train 3 Tangguh.

"Ada beberapa kesepakatan, POD-2 diharapkan ditandatangani akhir November nanti, alokasi gas seperti apa, dan harga juga sudah disepakati," ujarnya menambahkan.  

Dari proyek itu, pemerintah berencana mengalokasikan gas Tangguh sebanyak 24 kargo per tahun untuk PLN. Pemerintah juga akan mengalokasikan sebagian hasil gas, baik dari pengalihan pasokan gas dari train 1 dan train 2 yang semula untuk Sempra ke pembeli lain maupun dari train 3, untuk konsumen domestik lainnya yakni industri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.