Kompas.com - 05/11/2012, 17:50 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

TANGERANG, KOMPAS.com -- Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, menggagalkan penyelundupan 60 paspor palsu. Paspor yang dikemas dalam dua paket itu dikirim melalui jasa pengiriman dari Bangkok, Thailand.

"Semula, dua paket tersebut dicurigai berisi narkoba, sehingga diperiksa dengan x-ray," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Oza Olavia, Senin (5/11/2012).

Negara paspor yang dipalsukan antara lain Perancis, Portugal, Kongo, Chili, dan Belgia. Bahkan, ada foto wajah seseorang digunakan untuk 23 paspor dengan negara dan nama berbeda-beda.

Oza menjelaskan, paspor palsu itu dikirim oleh seseorang dari Bangkok dengan pemberitahuan sebagai "personal use". Satu paket ditujukan kepada seorang perempuan berinisial M (warga negara Indonesia) beralamat di Jalan Duren Sawit, Jakarta. Sedangan satu paket lagi akan dikirim kepada seorang laki-laki warga negara asing berinisial U di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.