Kompas.com - 08/11/2012, 16:16 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertamina Lubricants untuk pertama kali mengekspor pelumas ke Swiss dan Afrika Selatan. Hal itu diharapkan menjadi pintu masuk perseroan itu dalam memasarkan bisnis pelumas ke kawasan Eropa dan Afrika.

"Swiss dan Afrika Selatan merupakan negara ke-23 dan ke-24 yang menjadi negara tujuan ekspor pelumas Pertamina. Ekspor perdana ke kawasan Eropa dan Afrika ini menandakan semakin diterima dan dipercayanya produk pelumas Pertamina di pasar global," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir, Kamis (8/11/2012) di Jakarta.

Menurut Ali Mundakir, pembukaan pasar Eropa dengan Swiss sebagai pintu gerbangnya tidak lepas dari upaya pengenalan brand pelumas Pertamina melalui beberapa aktivitas pemasaran di Eropa, antara lain melalui event Fastron Euroasia Expedition, World Rally Championship, dan partisipasi pembalap muda binaan Pertamina, Rio Haryanto.  

Aktivitas pengembangan ekspor yang gencar pada tahun ini dengan dibukanya beberapa pasar baru turut mendorong meningkatnya penghargaan eksistensi Pertamina Lubricants di pasar. "Dengan memanfaatkan momentum situasi pasar di Eropa yang mulai bergeser pada produk bermutu tinggi dengan harga terjangkau, kami menggandeng Indonaldini Group Swiss-SA untuk mengembangkan pasar pelumas Pertamina di Eropa," ujarnya.  

"Dengan diterimanya produk Pertamina di pasar Eropa membuktikan kemampuan daya saing pelumas Pertamina di pasar yang sangat mature dan high competitive. Secara bertahap kami akan menambah varian produk yang akan diekspor dan segera bergerak ke pelumas industri dan pelumas marine," kata dia menegaskan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X