Kompas.com - 08/11/2012, 18:13 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada akhir tahun 2012 ini akan mencapai 6,3 persen. Level ini masih sama dengan prediksi semula.

Padahal Gubernur BI Darmin Nasution semula memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 akan naik sekitar 6,1-6,5 persen dengan kecenderungan di tengah 6,3 persen.

"Kita perkirakan ekonomi Indonesia untuk keseluruhan tahun 2012 diperkirakan tumbuh 6,3 persen dan pada tahun 2013 meningkat menjadi kisaran 6,3-6,7 persen," kata Darmin di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Menurut Darmin, perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia di level tersebut disesuaikan dengan realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2012 yang tumbuh 6,17 persen.

Level tersebut sedikit lebih rendah dari perkiraan akibat penurunan kinerja ekspor yang masih berlanjut.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh kuatnya permintaan domestik, terutama konsumsi rumah tangga dan investasi.

"Ke depan, pertumbuhan ekonomi diprakirakan akan kembali meningkat, ditopang oleh konsumsi dan investasi domestik yang tetap kuat," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, ekspor diperkirakan juga akan mengalami perbaikan sejalan dengan membaiknya perekonomian beberapa negara mitra dagang utama, meskipun masih dibayangi ketidakpastian kondisi perekonomian global.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X