Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Korea Jajaki Kerja Sama Produksi Mobil Ramah Lingkungan

Kompas.com - 09/11/2012, 22:52 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Bali Democracy Forum di Nusa Dua, Bali 8-9 November ini dimanfaatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk meningkatkan kerjasama bilateral dengan negara-negara peserta.

Salah satunya dengan Korea Selatan. Kerja sama penting Indonesia dan Korsel yang dibahas antara kedua kepala negara adalah produksi alat transportasi yang ramah lingkungan.

"Kerja sama, investasi, perdagangan, energi dan lain-lain berkembang dengan baik. Kita akan bekerja sama memproduksi alat transportasi atau kendaraan ramah lingkungan, green car, hybrid car, suatu saat electric car," ujar Presiden SBY saat konferensi pers usai penutupan Bali Democracy Forum di Nusa Dua, Bali, Jumat (9/11/2012).

Presiden SBY menilai Korea memiliki kemampuan teknologi yang maju, sementara Indonesia punya sejumlah pakar sehingga kerja sama yang dilakukan akan menggabungkan dua kekuatan tersebut.

Manfaat yang akan dirasakan dengan kerja sama ini, lanjut SBY, adalah untuk mengurangi tekanan APBN yang selama ini dibebani subsidi BBM.

"Kalau kita menghadirkan transportasi yang ramah lingkungan, tekanan APBN kita karena subsidi yang amat besar akan jauh berkurang," jelas Presiden SBY.

Jika tekanan APBN berkurang dan subsidi tak lagi membebani APBN maka pemerintah lebih leluasa menyalurkan anggaran untuk pembangunan yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com