Kompas.com - 12/11/2012, 12:36 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengimbau agar dana corporate social responsbility (CSR) diarahkan untuk mengembangkan kewirausahaan di Tanah Air. Hal tersebut dinilai lebih relevan dengan kondisi Indonesia.

"Kalau CSR lebih ditujukan untuk melahirkan entrepreneur (pengusaha) dan mendidik mereka, hal ini akan lebih relevan bagi Indonesia," ujar Darmin, Senin (12/11/2012), di Gedung Bank Indonesia, Jakarta.

Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Global Entrepreneurship Week 2012. Wakil Presiden Boediono hadir dalam kegiatan itu.

Menurut Darmin, persoalan infrastruktur memang kasatmata, tetapi tidak kalah penting bagi Indonesia adalah berusaha membangkitkan entrepreneur. BI menilai usaha membangun kewirausahaan sangat krusial.

"Selama empat dan lima tahun terakhir, perekonomian kita paling stabil di dunia. Pertumbuhan stabil itu didukung konsumsi masyarakat yang tetap tinggi," tutur Darmin.

Konsumsi yang tinggi itu dikombinasikan dengan ekspor dan investasi. "Sayangnya, ekspor kini melambat sehingga komponen terbesar adalah konsumsi rumah tangga dan investasi," kata Darmin.

Persoalannya sekarang ialah apakah pertumbuhan konsumsi yang tinggi itu akan dimanfaatkan oleh para wirausaha dalam negeri.

Ia menyatakan, investasi yang masuk ke Indonnesia pun ditujukan untuk pasar dalam negeri, bukan untuk ekspor. "Pengusaha dalam negeri seharusnya lebih dimudahkan (daripada asing) karena barang konsumsi lebih terjangkau oleh pengusaha dalam negeri," kata Darmin.

Ia menegaskan, bank sentral jarang membuat kegiatan seperti Global Entrepreneurship Week 2012. "Namun, kami melihat kegiatan sangat penting," ucap Darmin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.