Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayangi "Fiscal Cliff", Wall Street Mendatar

Kompas.com - 13/11/2012, 07:19 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Wall Street ditutup datar pada Senin (12/11/2012) waktu setempat (Selasa (13/11/2012) pagi WIB), karena berlanjutnya kekhawatiran tentang "fiscal cliff", pemotongan belanja dan kenaikan pajak pada akhir tahun, membayangi data perdagangan menggembirakan dari China.

Indeks Dow Jones Industrial Average kehilangan 0,23 poin (0,00 persen) pada 12.815,16. Indeks pasar lebih luas S&P 500 naik tipis 0,15 poin (0,01 persen) menjadi 1.380,00, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq turun 0,61 poin (0,02 persen) menjadi 2.904,26.

"Meningkatnya kekhawatiran tentang ’jurang fiskal’ AS terus melumpuhkan gairah (bulls), mempertahankan saham di bawah pengendalian," kata analis Charles Schwab & Co.

Saham dibuka naik moderat, namun kesulitan untuk tetap berada di luar zona negatif dalam volume perdagangan yang tipis.

Data resmi perdagangan China yang menggembirakan pada akhir pekan lalu memberikan dukungan ke pasar. Pertumbuhan ekspor China melaju kian cepat pada Oktober untuk kedua bulan berturut-berturut, bukti baru bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia itu sudah mulai pulih dari pelambatan.

United Technologies memimpin Dow lebih tinggi, naik 1,5 persen, diikuti oleh AT & T, naik hampir satu persen. Hewlett-Packard  tertinggal, turun 1,5 persen.

Dalam aksi merger dan akuisisi, perusahaan induk Leucadia National akan membeli sisa saham yang belum dimilikinya dari perusahaan perbankan investasi global Jefferies Group, perusahaan mengumumkan. Leucadia turun 3,0 persen dan Jefferies melonjak 14,0 persen.

Titanium Metals melonjak 42,6 persen setelah mengumumkan akan dibeli oleh Precision Castparts dalam kesepakatan 2,9 miliar dollar AS. Precision bertambah 4,9 persen.

Saham Research In Motion’s naik 3,2 persen setelah mengumumkan peluncuran telepon pintar BlackBerry 10 generasi berikutnya pada 30 Januari.

D.R. Horton jatuh 5,8 persen. Pengembang perumahan besar berbasis di Texas ini melaporkan lompatan besar dalam laba kuartal fiskal keempat dari setahun lalu di tengah membaiknya pasar perumahan yang sedang sakit.

Donald Horton, pimpinan perusahaan, mengatakan: "Kami dalam posisi untuk sebuah awal yang kuat untuk tahun fiskal 2013, dengan jaminan simpanan (backlog) akhir tahun tertinggi kami sejak tahun fiskal 2007."

Saingannya yang lebih kecil, Beazer Homes USA, anjlok 17,3 persen setelah melaporkan kerugian lebih besar dari perkiraan untuk kuartal fiskal keempat.

Pada Jumat, saham AS naik tipis, mengakhiri perdagangan sepekan dengan penurunan dua persen di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang fiscal cliff, pemotongan belanja otomatis dan berakhirnya keringanan pajak pada akhir tahun ini, kecuali Demokrat dan Republik bisa mencapai kompromi untuk menghindari hal itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com