Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Jamu: Butuh Sinkronisasi Majukan Industri Jamu

Kompas.com - 13/11/2012, 21:37 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan industri jamu Indonesia akan semakin meningkat dan diperhitungkan termasuk dalam hal daya saing di dunia - apabila ada sinkronisasi antara akademisi, pelaku usaha, dan pemerintah. Melalui sinkronisasi tersebut, kebijakan akan terfokus dan mengacu kepentingan industri jamu tanah air.

Demikian ketua panitia Rapat Kerja Nasional Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional (GP Jamu) yang juga Ketua Bidang Industri dan Perdagangan GP Jamu Putri K Wardani di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Berdasar data Kementerian Perindustrian, kata Putri, terjadi kenaikan penjualan di industri jamu dari Rp 5 triliun di tahun 2006 menjadi Rp 11 triliun di tahun 2011. Diperkirakan pertumbuhan di tahun ini akan naik 17-18 persen ke tingkat Rp 13 triliun.

"Pertumbuhan ini cukup baik. Namun menurut pandangan saya, angka tersebut belum sebaik dengan potensi yuang dimiliki. Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang di atas 6 persen, di mana golongan menengah meningkat signifikan, seharusnya industri jamu bisa tumbuh lebih baik lagi," kata Putri.

Sementara itu Ketua Umum GP Jamu Charles Saerang kembali mengingatkan masih maraknya peredaran jamu berbahan kimia obat di pasaran. Kondisi ini harus segera diatasi karena sangat berpengaruh terhadap citra jamu Indonesia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com