Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup Merah, Wall Street Masih Dibayangi "Fiscal Cliff"

Kompas.com - 14/11/2012, 08:22 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Amerika Serikat yang biasa disebut Wall Street, ditutup  di zona merah pada perdagangan Rabu (13/11/2012) waktu setempat (Kamis pagi WIB). Pasar masih tertekan oleh kekhawatiran terhadap "fiscal cliff" dan krisis utang Yunani.

Indeks  Dow Jones Industrial Average turun 58,90 poin (0,46 persen) ke posisi 12.756,18. Kelompok saham blue chip ini terhindar dari kemelorotan lebih jauh, dengan ditopang oleh saham Home Depot yang melonjak 3,6 persen, setelah ritel ini mengumumkan pendapatannya berhasil melampaui perkiraan.

Sementara indeks S&P 500 berkurang 5,50 poin(0,40 persen) menjadi 1.374,53, serta indeks komposit Nasdaq melemah 20,37 poin (0,70 persen) ditutup pada 2.883,89.

 

Kekhawatiran terhadap fiscal cliff menekan perdagangan di Wall Street ke dalam pekan terburuknya pasca kemenangan Barrack Obama. Kongres AS terbagi setelah pemilu pekan lalu, dengan Demokrat menguasai Senat dan Partai Republik menguasai DPR, menggarisbawahi tantangan dalam mencapai kompromi untuk menghindari "fiscal cliff" akhir tahun ini dari pemotongan belanja dan kenaikan pajak yang diperkirakan bisa berujung perekonomian kembali ke dalam resesi.

Yunani juga mengkhawatirkan pasar, karena para menteri keuangan zona euro masih berdebat, tentang apakah Athena telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan kreditur internasional untuk memperoleh dana talangan guna mencegah bencana gagal bayar utang negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com