Kompas.com - 14/11/2012, 15:57 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Dutch Shell PLC berencana membangun pabrik pengolahan oli pelumas di Indonesia. Pabrik tempat pengolahan pelumas itu berkapasitas sebesar 120.000 metrik ton per tahun. Demikian pernyataan Royal Dutch Shell, seperti yang diberitakan Dow Jones Newswires yang dikutip Fox Business, Rabu (14/11/2012).

Pabrik pengolahan pelumas itu akan menjadi yang terbesar dioperasikan Shell. Pabrik pelumas itu akan menghasilkan pelumas untuk kebutuhan sarana transportasi serta untuk industri dan kelautan.

Shell menyatakan, pabrik pelumas yang dikenal dengan merek Shell itu terletak di Jakarta Utara. Rencananya, proses onstruksi pabrik akan dilakukan setelah proses tender proyek selesai. Sayangnya, Shell tidak memberikan keterangan jelas mengenai proyek tersebut.

Saat ini, pasar pelumas Indonesia tumbuh seiring dengan tumbuhnya jumlah kendaraan bermotor dan serta tumbuhnya jumlah mesin industri yang beroperasi. Selain itu, kegiatan konstruksi yang tumbuh membuat kebutuhan pelumas untuk alat berat meningkat.  

Dengan membangun produksi pelumas di Indonesia, Shell berharap bisa melayani pasar ekspor. (Asnil Bambani Amri/Kontan)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X