Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Gardu Listrik, PLN "Ngutang" ke Jepang

Kompas.com - 19/11/2012, 10:48 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) mendapat pinjaman dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebesar 2,064 miliar Yen atau setara 25 juta dollar AS. Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan proyek listrik di Jakarta.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menjelaskan pinjaman ini memiliki tenor 12 tahun. "Kami sudah melewati masa tender dari beragam negara, ternyata Jepang yang memenangkan. Ini semacam kredit ekspor," kata Pamudji di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (19/11/2012).

Menurut Pamudji, kupon yang diberikan oleh JBIC untuk pinjaman ini hanya sebesar 2 persen. Kupon yang rendah ini diperoleh setelah perseroan melakukan serangkaian tender dari berbagai negara.

Ada beberapa negara seperti dari Korea, China, Jerman dan Perancis yang mengikuti tender tersebut. Namun hanya Jepang lah yang memberikan penawaran terbaiknya. "Lelang ini sudah dimulai sejak 2009 dan Jepang akhirnya memenangkan," tambahnya.

Sementara rincian pembangunan proyek dari alokasi dana ini yaitu pembangunan dua buah gardu induk sebesar 150 kV di Semanggi Barat dan Daan Mogot. Serta satu kabel bawah tanah yang akan menghubungkan dari Karet ke Semanggi Barat dengan kapasitas 150 kV. "Dana pinjaman dari Jepang ini akan ditarik mulai tahun depan, jika dana ini sudah diteken oleh Kementerian Keuangan, maka proyek bisa langsung berjalan," tambahnya.

PLN menargetkan proyek tersebut akan selesai dalam 24 bulan mendatang. Jika Kementerian Keuangan menyetujui pencairan dana tersebut di awal tahun depan, maka diperkirakan proyek ini akan selesai awal 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com