Jamsostek Tetap Layani Kesehatan sampai 2013

Kompas.com - 21/11/2012, 02:28 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Peserta Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan yang diselenggarakan PT Jamsostek (Persero) tidak perlu khawatir. PT Jamsostek tetap melayani penerimaan iuran dan pemberian manfaat bagi peserta sampai mengalihkan program ini ke Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan, 31 Desember 2013.

Direktur Utama PT Jamsostek Elvyn G Masassya mengungkapkan hal ini di sela-sela pertemuan konsolidasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/11). Rapat konsolidasi yang dihadiri sejumlah tokoh penting jaminan sosial bertujuan mengintegrasikan tahapan persiapan, peralihan, dan pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) mulai 1 Januari 2014 sesuai UU No 40/2004 tentang SSJN dan UU No 24/2011 tentang BPJS.

”Pelayanan peserta program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) tetap berjalan seperti biasa sampai tiba masa peralihan kepada BPJS Kesehatan pada 31 Desember 2013 malam. Kami akan menyerahkan data kepesertaan, jejaring pelayanan yang ada, dan iuran peserta kepada BPJS Kesehatan,” kata Elvyn.

Sampai 30 September 2012, PT Jamsostek melayani total 6.769.845 tertanggung dalam program JPK. Elvyn menegaskan komitmen manajemen Jamsostek mendukung penuh peralihan program JPK kepada PT Askes.

UU SJSN dan UU BPJS mengamanatkan PT Jamsostek beralih menjadi BPJS Ketenagakerjaan dan PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan per 1 Januari 2014. BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. BPJS Kesehatan menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat.

Direktur Utama PT Askes I Gede Subawa mengatakan, mereka terus bekerja sama dengan PT Jamsostek untuk menyiapkan proses peralihan. PT Askes telah menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi, antara lain, pegawai pemerintah, jaminan kesehatan masyarakat, dan jaminan kesehatan daerah.

”Kami siap menjalankan amanat undang-undang ini,” kata Subawa. (ham)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.