Hewlett-Packard Tekan Dow Jones Merah

Kompas.com - 21/11/2012, 07:53 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Wall Street ditutup dekat titik impas pada Selasa (20/11/2012) waktu setempat (Rabu pagi WIB), setelah sempat melorot pasca pengumuman anggota Dow, Hewlett-Packard mengeluarkan biaya besar untuk akuisisi yang buruk dan hasil mengecewakan mengguncang sentimen.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 7,45 poin (0,06 persen) menjadi 12.788,51. Indeks saham S&P 500 naik tipis 0,93 poin (0,07 persen) menjadi 1.387.82, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 0,61 poin (0,02 persen) pada 2.916,68.

Pasar telah melambung sekitar dua persen pada Senin, namun momentum itu cepat memudar. "Dow hari ini menghabiskan waktu di kedua sisi titik impas, karena Wall Street mempertimbangkan putaran lain dari data perumahan yang positif terhadap laba jelek dan kekhawatiran ekonomi global," kata Andrea Kramer dari Schaeffer’s Investment Research.

Raksasa komputer HP anjlok 12 persen menjadi 11,71 dollar AS setelah mengumumkan beban 8,8 miliar dollar AS terkait dengan dugaan kejanggalan akuntansi di Autonomy Corp, yang HP akuisisi pada Agustus 2011 senilai lebih dari 10 miliar dollar AS.

Perusahaan membukukan kerugian 6,9 miliar dolar AS pada kuartal fiskal keempat dan penjualannya mengecewakan, serta memperingatkan tentang hasil kuartal saat ini.

Departemen Perdagangan mengeluarkan laporan yang lebih baik dari perkiraan tentang perumahan baru yang mencapai tertinggi empat tahun untuk kedua  bulan berturut-turut pada Oktober.

Penurunan peringkat kredit Prancis oleh Moody’s, menghilangkan peringkat triple-A yang didambakannya, juga merusak sentimen, kata analis. "Penurunan peringkat adalah sebuah pengingat bahwa krisis utang zona euro telah melukai inti dari zona euro," kata Patrick O’Hare dari Briefing.com.

Wall street yang dibuka di posisi merah, jatuh lebih dalam pada perdagangan tengah hari ketika Ketua Federal Reserve Ben Bernanke memberikan pidato di Klub Ekonomi New York. "Ketua (Bernanke) jelas mengatakan Fed sebagian besar tak berdaya untuk mengimbangi dampak penuh dari jurang fiskal terhadap perekonomian AS," analis Barclays, Michael Gapen mengatakan.

Intel adalah  anggota Dow berkinerja terburuk kedua, turun 3,6 persen setelah pada Senin mengumumkan bahwa kepala eksekutif Paul Otellini akan pensiun pada Mei dan pencarian untuk penggantinya sedang berlangsung.

Bank of America memimpin kenaikan saham unggulan (blue chip), naik 1,5 persen. Peritel barang elektronik Best Buy anjlok 13 persen setelah laba kuartalannya gagal memenuhi perkiraan.

Konglomerasi media Rupert Murdoch, News Corp, naik 0,2 persen setelah meluncurkan kesepakatan untuk membeli 49 persen saham di Yankees Entertainment and Sports Network, yang menyiarkan pertandingan bisbol dan olahraga lainnya.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X