Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: SPBU Tak Jual BBM Bersubsidi Masih Sebatas Rencana

Kompas.com - 26/11/2012, 15:38 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan nasional Hari Tanpa Premium Bersubsidi yang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2012 masih sebatas rencana dari pemerintah.

Sampai saat ini, Pertamina belum mendapat surat penugasan resmi terkait gerakan tersebut. "Ini masih rencana, kami belum mendapat surat penugasan resmi terkait gerakan tersebut dari BPH Migas," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya saat konferensi pers di kantor Pertamina Jakarta, Senin (26/11/2012).

Hanung menjelaskan sebagai antisipasi sambil menunggu surat resmi dari BPH Migas, Pertamina saat ini telah menyosialisasikan kepada Himpunan Wiraswasta Migas Nasional (Hiswana Migas) bahwa pada tanggal 2 Desember 2012 mulai pukul 06.00 wib hingga 18.00 wib, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) yang beroperasi di Jawa-Bali dan 5 kota besar lainnya di luar Jawa, yaitu Medan, Batam, Palembang, Balikpapan dan Makassar tidak melayani penjualan bensin bersubsidi.

Sehingga, Pertamina akan menyiapkan alternatif bensin non subsidi, yaitu Pertamax dan Pertamax Plus. "Meski demikian, masyarakat diminta untuk tidak perlu khawatir karena SPBU tetap akan beroperasi dan BBM cukup tersedia," tambahnya.

Dengan gerakan tersebut, Pertamina berharap dapat menghemat dari gerakan ini sebesar 15.000 KL dengan nilai penghematan Rp 75 miliar.

Sekadar catatan, Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina Ali Mundakir menjelaskan Gerakan Nasional Hari Tanpa Bensin Bersubsidi akan dilaksanakan pada 2 Desember 2012 di wilayah Jawa-Bali dan lima kota besar di luar Pulau Jawa. Hal itu dilaksanakan untuk menjaga kuota BBM bersubsidi.

"Kami siap mendukung Gerakan Nasional Hari Tanpa Bensin Bersubsidi yang diprakarsai oleh Badan Pengatur Hilir Migas," kata Ali.

"Hal ini sebagai satu langkah inisiatif lain untuk mengamankan kuota BBM bersubsidi hingga akhir tahun," tambahnya.

Selama program itu berlangsung, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tetap beroperasi, tetapi hanya untuk melayani pembelian bensin non-subsidi. "Kami yakin antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan ini akan setinggi antusiasme ketika program Earth Hour berlangsung," tambahnya.  

Baca juga:
2 Desember, SPBU Tak Jual BBM Bersubsidi
BBM Subsidi Akan Dibatasi Rp 100 Ribu Per Hari?
Penyelewengan BBM Bersubsidi Tembus Rp 289 Miliar
Harga BBM Bersubsidi Disarankan Naik Sekaligus

Ikuti artikel terkait di Topik SUBSIDI UNTUK ORANG KAYA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com