Kompas.com - 28/11/2012, 03:41 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertamina memprediksi kuota BBM bersubsidi yang sudah dipatok pemerintah akan ludes sebelum akhir tahun. Bahkan, solar dan premium di DKI Jakarta akan habis pada akhir bulan ini.

Oleh karena itu, Polda Metro Jaya akan mengerahkan personelnya untuk membantu mengamankan SPBU saat terjadi transaksi pembelian bahan bakar.

"Polda akan mengantisipasi dengan mengerahkan anggota-anggota tiap polsek untuk memantau di lapangan dan membantu tertibnya antrean agar jangan sampai ada yang saling berebut," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Selasa (27/11/12).

Sementara menyoal beberapa daerah DKI Jakarta yang mulai kehabisan bahan bakar jenis premium, pihak kepolisian juga akan membantu mendata.

"Nanti akan dilaporkan ke pusat, untuk diteruskan ke Pertamina," ujar Rikwanto lagi.

Pertamina sendiri sebenarnya memproyeksi kuota BBM hingga akhir tahun sebesar 45,24 juta kiloliter. Karena jatah atau kuota BBM untuk tahun ini sebesar 44,04 juta kiloliter sudah hampir habis, Pertamina akan menghadap DPR untuk menambah kuota BBM yang akan disalurkan ke masyarakat.

Menurut catatan Pertamina, realisasi penyaluran BBM bersubsidi hingga 24 November 2012 adalah premium 25,1 juta kiloliter dan solar 12,9 juta kiloliter. Totalnya sudah 38,1 juta kiloliter. Adapun rata-rata penyaluran harian (normal) untuk premium sekitar 80.000 kiloliter per hari dan solar 42.900 kiloliter per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.