Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Akan Jaga SPBU-SPBU di Jakarta

Kompas.com - 28/11/2012, 03:41 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertamina memprediksi kuota BBM bersubsidi yang sudah dipatok pemerintah akan ludes sebelum akhir tahun. Bahkan, solar dan premium di DKI Jakarta akan habis pada akhir bulan ini.

Oleh karena itu, Polda Metro Jaya akan mengerahkan personelnya untuk membantu mengamankan SPBU saat terjadi transaksi pembelian bahan bakar.

"Polda akan mengantisipasi dengan mengerahkan anggota-anggota tiap polsek untuk memantau di lapangan dan membantu tertibnya antrean agar jangan sampai ada yang saling berebut," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Selasa (27/11/12).

Sementara menyoal beberapa daerah DKI Jakarta yang mulai kehabisan bahan bakar jenis premium, pihak kepolisian juga akan membantu mendata.

"Nanti akan dilaporkan ke pusat, untuk diteruskan ke Pertamina," ujar Rikwanto lagi.

Pertamina sendiri sebenarnya memproyeksi kuota BBM hingga akhir tahun sebesar 45,24 juta kiloliter. Karena jatah atau kuota BBM untuk tahun ini sebesar 44,04 juta kiloliter sudah hampir habis, Pertamina akan menghadap DPR untuk menambah kuota BBM yang akan disalurkan ke masyarakat.

Menurut catatan Pertamina, realisasi penyaluran BBM bersubsidi hingga 24 November 2012 adalah premium 25,1 juta kiloliter dan solar 12,9 juta kiloliter. Totalnya sudah 38,1 juta kiloliter. Adapun rata-rata penyaluran harian (normal) untuk premium sekitar 80.000 kiloliter per hari dan solar 42.900 kiloliter per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com