Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat Depot Plumpang, Ada SPBU Kehabisan BBM

Kompas.com - 28/11/2012, 05:39 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina memprediksikan bahwa kuota BBM premium dan solar habis akhir bulan ini. Di Jakarta Utara sendiri, beberapa SPBU yang dijumpai masih terlihat beraktivitas normal. Namun, ada yang kehabisan stok.

Namun, Sebuah SPBU di Jalan Yos Sudarso Plumpang dengan nomor 34 14311 kehabisan BBM. Petugas SPBU yang tak ingin disebutkan namanya mengaku hal tersebut karena kehabisan stok. Ini juga disebabkan karena jumlah konsumen yang banyak dan pengiriman pasokan yang datang terlambat.

"Pengirimannya sih terus ada, cuma sering telat datengnya. Ini juga karena enggak seimbang dengan jumlah konsumen. Yang ngisi juga banyak. Yang habis sekarang itu Solar, Pertamax plus, sama premium," ujar petugas tersebut, saat ditemui wartawan, Selasa (27/11/2012) kemarin.

Pada SPBU di Plumpang itu sendiri hingga sore hari dalam keadaan tertutup dan dipasang sejumlah tulisan yakni "maaf premiun habis" dan "maaf pertamax plus habis" yang diletakkan pada bagian depan.

Sejumlah motor milik pekerja disana juga diparkirkan secara berjejer di dalam pompa bensin karena tengah tidak beroperasi sementara.

Hal berbeda terjadi SPBU Semper Barat dengan nomor 34 14207. Pengawas SPBU tersebut, Johny, mengaku tidak mengalami masalah pasokan Solar, Premium, ataupun Pertamax untuk hari ini.

Pihaknya juga mengaku belum mendapatkan pemberitahuan dalam bentuk apapun mengenai pembatasan BBM bersubsidi. Namun minggu lalu, ia mengaku sempat kehabisan pasokan bensin Solar.

"Minggu kemarin iya, solar sempet habis, tapi cuma sehari. Kita sempat di kuota juga, cuma sekarang udah enggak. Sekarang ini normal-normal saja. Kan dekat sama depot pertamina di Plumpang sini," ujar Johny.

Pantauan pada sejumlah SPBU di Jakarta Utara, yakni di sebuah SPBU di daerah Semper Barat dengan nomor 34 14207, dan dua buah SPBU dekat Mal Artha Gading bernomor 34 14208 dan 34 14210, aktivitas operasional tampak masih berjalan normal.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, solar dan premium di DKI Jakarta akan habis pada akhir bulan ini. Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya menjelaskan, jatah atau kuota Solar subsidi untuk DKI Jakarta bakal habis pada 30 November 2012. Sementara untuk bensin Premium subsidi akan habis pada 19 Desember 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com