Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Kelebihan BBM Bersubsidi

Kompas.com - 28/11/2012, 08:32 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Kesulitan mencukupi kenaikan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi akan terus terjadi akibat adanya kelebihan kendaraan pribadi. Kota Semarang, Jawa Tengah, juga termasuk kota yang kendaraan pribadinya melebihi sarana transportasi yang ada.

Pengamat transportasi Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, Rabu (28/11/2012), mengemukakan, jumlah kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil, milik warga Kota Semarang sebanyak 1,3 juta kendaraan.

"Dengan jumlah kendaraan sebanyak itu, artinya tiap keluarga memiliki 3-4 kendaraan bermotor," kata Djoko.

Ketika jumlah kendaraan pribadi lebih besar dibandingkan dengan sarana transportasi umum yang tersedia, bisa dibayangkan warga akan memenuhi jalan dengan kendaraan pribadi yang boros bahan bakar minyak (BBM). Oleh karenanya, pembatasan BBM bersubsidi akan sia-sia jika tidak dibarengi program transportasi massal yang menjangkau semua wilayah perkotaan.

Assistant Manager Eksternal Relation Pertamina Pemasaran Jateng & DIY Heppy Wulansari menjelaskan, penyaluran BBM bersubsidi, baik premium maupun solar, di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sampai 25 November 2012 sudah melebihi limit hingga 3 persen. Misalnya, penyaluran premium saat ini sudah 3.160.000 kiloliter; dari kuota tahun ini, yang dipenuhi sekitar 3.480.000 kiloliter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com