Kompas.com - 08/12/2012, 18:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Belitung makin tenar berkat film “Laskar Pelangi” yang fenomenal. Jaraknya yang dekat dengan ibu kota negara, hanya satu jam perjalanan udara, menjadikan Belitung secara akses mudah dikunjungi.

Jika tertarik wisata di Belitung, berikut kiat sederhana sebelum Anda merancang perjalanan wisata ke Belitung. Dua hal yang harus Anda perhatikan, jadwal perjalanan dan pemesanan jauh hari. Sebaiknya, buat rencana perjalanan dengan detil, terutama jadwal per hari perjalanan selama di Belitung.

Kedua, pastikan Anda sudah memesan hotel, sewa mobil, dan sewa perahu, jauh-jauh hari. Apalagi tiket pesawat, sebaiknya beli jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Belitung yang ramai dikunjungi wisatawan, terutama turis domestik, biasa didatangi rombongan tur.

Hal ini menyebabkan, Belitung begitu ramai tak hanya di musim padat kunjungan, tetapi juga di akhir pekan. Jadi, pemesanan di jauh-jauh hari bukan sekadar agar harga tidak terlalu mahal, tetapi memastikan Anda tidak kehabisan tempat.

Akses. Cara termudah menuju Belitung melalui jalur udara. Bisa juga melalui jalur laut menggunakan jetfoil dari Pulau Bangka. Bandara di Pulau Belitung adalah Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan.

Ada tiga maskapai yang melayani rute ini, yaitu Batavia, Sriwijaya, dan Sky Aviation. Sky Aviation melayani rute Palembang (Sumatera Selatan) - Tanjung Pandan dan Pangkal Pinang (Pulau Bangka) – Tanjung Pandan.

Sementara untuk Batavia Air melayani rute Jakarta-Tanjung Pandan tersedia di pagi hari sebanyak dua kali penerbangan. Sementara Sriwijaya Air untuk rute Jakarta-Tanjung Pandan di pukul antara enam pagi hingga dua siang, sebanyak empat kali penerbangan. Lama penerbangan sekitar satu jam.

Penerbangan ini tersedia setiap hari. Harga tiket rute tersebut mulai dari Rp 450.000. Perlu diingat, karena terbatasnya jumlah kursi penerbangan, harga tiket sangat fluktuatif dan bisa mahal di musim padat kunjungan dan akhir pekan. Di akhir pekan, harga bisa melonjak menjadi mulai dari Rp 900.000.

Pilihan lain bisa dari Pulau Bangka, yang masih dalam satu provinsi dengan Pulau Belitung. Sky Aviation menyediakan ruter tersebut dua kali per hari dengan lama tempuh sekitar setengah jam. Harga tiket Rp 400.000.

Transportasi Darat. Angkutan umum memang ada, namun transportasi sejenis bemo sangat jarang muncul. Ada pula bus antar kabupaten di Pulau Belitung. Jika waktu Anda sempit, sebaiknya sewa mobil atau motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.