Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi China Terus Tunjukkan Perbaikan

Kompas.com - 10/12/2012, 08:26 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah data menunjukkan adanya perbaikan perekonomian di China. Perbaikan ekonomi negara itu memberi peluang yang lebih besar untuk perbaikan kondisi ekonomi global.

Setelah seminggu yang lalu indeks sektor manufaktur China mencatat perbaikan, kembali output sektor industri naik 10,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (YOY), diikuti dengan naiknya penjualan ritel 14,9 persen YOY dan tingkat inflasi yang naik 2 persen YOY dari naik 1,7 persen YOY pada Oktober. Ini terjadi setelah cukup rendah capaiannya selama 33 bulan.

Namun, indeks harga produsen masih turun 2,2 persen YOY. Ini merupakan penurunan sembilan bulan berturut-turut. Inflasi bahan makanan tercatat 3 persen YOY pada November, naik dari 1,8 presen YOY pada Oktober.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (10/12/2012), perbaikan data ini menjadi indikasi pemulihan ekonomi China yang menguat.

Ekonomi China diperkirakan bisa tumbuh 7,7 persen pada triwulan ke-4 2012 ini, naik dari 7,4 persen YOY pada triwulan ketiga 2012. Pemerintah China menargetkan ekonomi 2012 bisa tumbuh sebesar 7,5 persen. "Perbaikan ekonomi China ini memberi peluang yang lebih besar untuk perbaikan kondisi ekonomi global," kata Lana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com