Kompas.com - 10/12/2012, 23:36 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, belum ada persetujuan DPR untuk anggaran sosialisasi redenominasi rupiah.

Jika pemerintah melakukan sosialisasi, maka anggaran yang digunakan bukan  anggaran resmi tahapan sosialisasi.

"Mungkin diambil dari pos lain," kata Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis di Jakarta, Senin (10/12/2012).

Saat ini, DPR belum menerima penjelasan apa pun dari pemerintah maupun pihak lain yang terlibat dalam redenominasi, seperti Bank Indonesia. Oleh karena itu, belum ada sikap DPR mengenai masuknya rancangan undang-undang redenominasi ke program legislasi nasional tahun 2013.

Padahal, Menteri Keuangan Agus Martowardojo pekan lalu menyatakan, tahapan konsultasi publik sekaligus sosialisasi sudah dimulai pada Desember ini. Setidaknya, sampai dengan April 2013, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Redenominasi berupa pengurangan jumlah angka pada mata uang tanpa mengubah nilainya. Sebanyak tiga digit berupa angka nol akan dihapuskan, sehingga Rp 1.000 akan menjadi Rp 1 pasca redenominasi.

Bank Indonesia juga sudah menyiapkan mata uang pada masa transisi, yang diperkirakan berjalan 2 tahun. Selama masa transisi berlaku dua mata uang, sesuai nilainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.