Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Beli Tiket Candi Borobudur secara "Online"

Kompas.com - 12/12/2012, 18:11 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai warisan dunia yang menyimpan nilai-nilai sejarah, Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Istana Ratu Boko telah dikenal dunia internasional. Minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi tiga candi yang terletak di Yogyakarta dan Jawa Tengah ini sangat tinggi.

Namun, selama ini pembelian tiket berlangsung secara manual yaitu mengantre di loket. Akibatnya, di musim padat kunjungan, antrean pun menjadi panjang. Sebuah harapan akan reservasi dan memesan tiket secara online sebelum berada di lokasi tiga candi ini pun muncul.

“Reservasi dan pembelian tiket secara manual yang kami gunakan selama ini tidak mampu menjawab kebutuhan tersebut,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi  Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetjo, di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Apalagi, lanjutnya, untuk wisatawan mancanegara telah terbiasa memanfaatkan sistem online untuk pemesanan tiket dan reservasi tempat. Oleh karena itu, untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan reservasi dan pembelian tiket, PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko mengenalkan implementasi "Online Reservation & Ticketing".

Peluncuran sistem reservasi dan pembelian tiket secara online pada diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan dan  kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Istana Ratu Boko.

“Kami ingin memberikan kemudahan dan menjangkau pasar yang lebih luas dengan mengimplementasikan sistem ini,” kata Purnomo.

Hanya saja, jelas Purnomo, untuk jangka pendek, sasarannya masih wisatawan mancanegara, dan masih menerapkan sistem b2b atau business to business. Sehingga penjualan masih melalui travel agent untuk rombongan wisatawan.

Namun, ke depan diharapkan penjualan melalui online juga menyasar b2c. Atau business to consumer dan untuk wisatawan nusantara. Purnomo berharap di akhir tahun 2013 sudah menyasar ke wisatawan nusantara dan b2c.

Implementasi Online Reservation & Ticketing ini merupakan hasil kerja sama antara PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko dengan PT Abacus Indonesia.

Dengan sistem online ini wisatawan dapat melakukan reservasi secara online melalui travel agent Abacus untuk semua produk Taman Wisata Candi seperti Wisata Candi Borobudur, Wisata Candi Prambanan, Wisata Ratu Boko, Sunrise di Borobudur, Sendratari Ramayana di Prambanan, Sunset di Ratu Boko, dan lain sebagainya.

Menurut Iswandi Said selaku Managing Director PT Abacus Distribution System Indonesia, saat ini Abacus memiliki jaringan travel agent yang tersebar di seluruh Indonesia. “Jaringan travel agent kami kurang lebih berada di 12 ribu lokasi penjualan,” katanya.

Dengan implementasi sistem online, seluruh produk Taman Wisata Candi bisa dibeli secara langsung oleh wisatawan melalui jaringan travel agent Abacus. Di waktu mendatang dapat dilakukan secara langsung melalui website, perangkat smartphone dan tablet berbasis Windows 8 diikuti dengan perangkat mobile berbasis Apple, Android serta berbasis teknologi lainnya.

"Dengan pembelian tiket secarai online, tamu pegang sendiri tiket, lalu langsung ke gate, scan barcode yang ada tiket, langsung masuk. Tidak perlu antre di loket, panas-panasan," tutur Iswandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com