Tiga BUMN Ekspansi

Kompas.com - 15/12/2012, 02:45 WIB
Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan, tahun ini tiga BUMN mulai merambah pasar luar negeri, yaitu PT Semen Gresik ke Vietnam, PT Timah (Persero) Tbk ke Myanmar, dan PT Telkom Indonesia Tbk ke Timor Leste.

Di Myanmar, PT Timah akan mengeksplorasi lahan seluas 10.000 hektar dengan total nilai investasi sekitar 18 juta dollar AS. PT Telkom akan membangun jaringan telekomunikasi di Timor Leste dengan nilai investasi sekitar 30 juta dollar AS.

”Perusahaan-perusahaan BUMN (badan usaha milik negara) sekarang sudah merambah pasar luar negeri. Nilai investasi mereka juga sudah setara dengan perusahaan-perusahaan besar asing,” kata Dahlan Iskan di Yogyakarta, Jumat (14/12).

Menurut Dahlan, dalam bisnis, BUMN harus berani melakukan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi apa pun. Yang penting, para pejabatnya tetap bersih dan tidak menerima aliran uang atau korupsi.

”Siapa pun pejabat yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi pasti ada kaitannya dengan aliran uang dan bukan semata-mata karena kebijakan,” ujar Dahlan.

Direktur Utama PT Semen Gresik Dwi Soetjipto mengatakan, produksi PT Semen Gresik (Persero) akan bertambah 2,3 juta ton setelah membeli saham perusahaan semen asing, Than Long Cement Company, di Vietnam. Dengan pembelian saham ini, kapasitas produksi PT Semen Gresik awal tahun 2013 mendatang meningkat dari 26 juta ton menjadi 28,3 juta ton.

”Pada 14 November 2012, kami telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat dengan pabrik semen asal Vietnam, Than Long Cement, dan tanggal 18 Desember 2012 besok akan ada penandatanganan shareholder untuk pengambilalihan saham,” ujarnya.

Dalam perjanjian ini, PT Semen Gresik membeli saham mayoritas Than Long Cement. Akan tetapi, Dwi belum bersedia menyebutkan nilai investasi total dari pembelian ini.

Dahlan di Yogyakarta dalam rangka memberi penghargaan kepada Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Joko Widodo sebagai tokoh publik pilihan 2012 dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat. Dahlan, yang juga Ketua Umum SPS Pusat, memberikan penghargaan itu dalam acara The 1st SPS-Indonesia PR Summit 2012, di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta.

Selain Jokowi, sebanyak empat tokoh lain juga mendapat penghargaan serupa, yaitu Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo, Rektor Universitas Paramadina Anies R Baswedan, Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.