Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pak SBY, Selamatkan TKI Dong

Kompas.com - 18/12/2012, 19:36 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Malaysia mulai Selasa hingga Rabu (18/12/2012) diharapkan bisa mengupayakan penyelamatan nasib dua TKI kakak beradik, Frans Hiu dan Dharry Frylly Hiu, yang divonis hukuman mati oleh pengadilan banding Mahkamah Tinggi Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada 18 Oktober 2012.

Kedua saudara kandung itu berasal dari Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara,  Kalimantan Barat. Sementara itu tujuan kunjungan Presiden ke Malaysia untuk menghadiri Pertemuan Konsultasi Tahunan Indonesia-Malaysia di Kuala Lumpur.

"Ini kesempatan baik bagi Presiden untuk menyelamatkan warga negara Indonesia yang jadi TKI di sana," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR yang antara lain membidangi TKI di luar negeri, Irgan Chairul Mahfiz, di Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Sebelumnya, dalam persidangan yang digelar Mahkamah Rendah Selangor selama Juni-Juli 2012, keduanya dinyatakan bebas alias tidak bersalah. Setelah mendapat vonis mati dari Mahkamah Tinggi, Frans dan Dharry kini menunggu pengadilan berikutnya di tingkat Mahkamah Rayuan guna memperoleh keadilan hukum di negara tersebut.

Menurut Irgan, dua TKI yang bekerja sebagai petugas arena ketangkasan milik Hooi Teong Sim di Selangor itu tidak melakukan tindak kejahatan sehingga harus dibebaskan oleh tuntutan hukum ataupun pengadilan.

"Frans dan Dharry justru merupakan saksi adanya kasus pencurian di lantai atas mes perusahaan tempat mereka menetap, beralamat di Jalan 4 Nomor 34, Taman Sri Sungai Pelek, Sepang, Selangor. Peristiwa itu terjadi 3 Desember 2010. Selain Frans dan Dharry, di mes itu terdapat seorang pegawai berwarganegaraan  Malaysia saat dimasuki sang perampok," ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan  ini.

Irgan menambahkan, pelaku pencurian adalah warga negara Malaysia, Kharti Raja. Karena diketahui perampok itu bertubuh besar, Dharry dan temannya yang warga Malaysia spontan melarikan diri ke luar. Namun, tidak demikian dengan Frans yang berani sendirian menangkap pelaku.

Frans pun membekuk Kharti dan sempat membawanya ke lantai bawah. Tak lama, Kharti mengalami kematian di lokasi itu. Dalam pemeriksaan polisi yang tiba di tempat kejadian ternyata ditemukan jenis narkoba dari saku celana si pencuri.

Polisi selanjutnya melakukan visum terhadap jenazah Kharti dan menyimpulkan kematiannya akibat 'over dosis'. Akibat kasus itu, pengadilan Mahkamah Rendah Selangor menyidangkan Frans, Dharry, serta rekannya dari Malaysia itu, sampai akhirnya memutus ketiganya tidak bersalah.

Berdasarkan putusan itu pula, pihak keluarga Kharti mengajukan banding ke Mahkamah Tinggi. Akan tetapi, yang digugat hanya Frans dan Dharry, sementara rekannya tidak diikutsertakan dalam perkara gugatan.

"Di Pengadilan Mahkamah Tinggi inilah hakim tunggal Nur Cahaya Rashad menetapkan hukuman mati kepada Frans dan Hiu," tutur Irgan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com