Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Gresik Resmi Jadi Semen Indonesia

Kompas.com - 21/12/2012, 07:32 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Semen Gresik Tbk (SMGR) resmi berganti nama menjadi PT Semen Indonesia Persero Tbk. Hal itu untuk memudahkan penyebutan nama karena sudah menjadi induk perusahaan semen di Indonesia.

Penggantian nama tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada hari Kamis (20/12/2012) di Hotel Crown Plaza Jakarta.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Sucipto menjelaskan, perubahan nama ini juga sejalan dengan proses restrukturisasi perseroan untuk menerapkan bentuk holding yang paling ideal sesuai dengan kajian konsultan independen. Sebab, perseroan memilih untuk membuat holding demi mendapat manfaat sinergi grup secara maksimal.

Dimulai pada 1995, perseroan berperan sebagai operating holding. Kemudian pada tahun 2008 perseroan menerapkan functional holding yang meliputi bidang pemasaran, pengadaan, capital project, IT, HR, dan IA serta sinergi di antara 3 perusahaan (Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa). Selanjutnya pada 2012 mulailah strategic holding diimplementasikan, sekaligus melakukan perubahan nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Adapun nama Semen Indonesia dipilih karena dapat merefleksikan holding yang lebih besar dan melambangkan ke-Indonesia-an. Juga bisa memayungi anak-anak perusahaan persemenan yang terletak di geografi yang berbeda (Padang, Gresik, Tonasa) maupun rencana-rencana pengembangan pabrik ke depan.

"Nama Semen Indonesia juga bisa meningkatkan kemampuan potensi pemasaran dan pemenangan persaingan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com