Kompas.com - 21/12/2012, 07:32 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Semen Gresik Tbk (SMGR) resmi berganti nama menjadi PT Semen Indonesia Persero Tbk. Hal itu untuk memudahkan penyebutan nama karena sudah menjadi induk perusahaan semen di Indonesia.

Penggantian nama tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada hari Kamis (20/12/2012) di Hotel Crown Plaza Jakarta.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Sucipto menjelaskan, perubahan nama ini juga sejalan dengan proses restrukturisasi perseroan untuk menerapkan bentuk holding yang paling ideal sesuai dengan kajian konsultan independen. Sebab, perseroan memilih untuk membuat holding demi mendapat manfaat sinergi grup secara maksimal.

Dimulai pada 1995, perseroan berperan sebagai operating holding. Kemudian pada tahun 2008 perseroan menerapkan functional holding yang meliputi bidang pemasaran, pengadaan, capital project, IT, HR, dan IA serta sinergi di antara 3 perusahaan (Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa). Selanjutnya pada 2012 mulailah strategic holding diimplementasikan, sekaligus melakukan perubahan nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Adapun nama Semen Indonesia dipilih karena dapat merefleksikan holding yang lebih besar dan melambangkan ke-Indonesia-an. Juga bisa memayungi anak-anak perusahaan persemenan yang terletak di geografi yang berbeda (Padang, Gresik, Tonasa) maupun rencana-rencana pengembangan pabrik ke depan.

"Nama Semen Indonesia juga bisa meningkatkan kemampuan potensi pemasaran dan pemenangan persaingan," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.