Regulasi Mobil Murah Batal Diajukan Pekan Ini

Kompas.com - 27/12/2012, 12:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Keinginan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk bisa segera mengetahui regulasi mobil murah ramah lingkungan di tahun ini batal. Sebab, pemerintah baru bisa memboyong regulasi tersebut ke Presiden pada awal tahun depan.

Menteri Perindustrian MS Hidayat sebelumnya pernah mengatakan, regulasi tentang mobil murah ramah lingkungan Low Cost Green Car (LCGC) siap dibawa ke Presiden pada minggu ini.

"Sebenarnya sudah dibawa ke Menteri Sekretaris Negara, sedang konsultasi. Katanya mau dibawa ke Presiden pada Minggu pertama Januari 2013," kata MS Hidayat di Kementerian Perekonomian Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Hidayat berharap dengan dikeluarkannya aturan tentang LCGC ini, maka pasar mobil nasional bisa semakin tumbuh. Selain itu, aturan ini pun nanti tidak akan bertabrakan dengan mobil nasional karena berbeda segmen.

Sekadar catatan, dengan diterbitkannya aturan LCGC, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yongkie D Sugiarto memperkirakan proyek mobil murah dan ramah lingkungan tersebut memiliki potensi penjualan 150.000 unit per tahun. "Jika harga mobil LCGC sekitar Rp 80 juta, maka diperkirakan penjualan bisa mencapai 150.000 unit," ungkap Yongkie.

Menurut dia, jika harga mobil sekitar Rp 80 juta per unit, maka akan ada tambahan omzet di industri otomotif sebesar Rp 12 triliun per tahunnya. "Para prinsipal yang telah eksis di dalam negeri sebenarnya sangat antusias menjajal pasar domestik, bahkan jika perlu menambah investasi khusus untuk pabrik perakitan bagi proyek tersebut," tambahnya.

Beberapa prinsipal seperti Honda, Toyota, dan Daihatsu sangat tertarik memasarkan mobil LCGC. Namun, mereka masih merahasiakan model-model yang akan dikeluarkan selama jaminan bisnis dan aspek regulasinya masih belum jelas. "Hanya Daihatsu dan Toyota yang sudah memamerkan produk LCGC-nya. Prinsipal lain sebenarnya sudah memiliki model LCGC," paparnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X