Kompas.com - 01/01/2013, 08:36 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com – Apa yang terlintas di benak saat mendengar kata “Belitung”? Bisa jadi film “Laskar Pelangi”. Atau, sebuah gambar promosi wisata yang begitu melekat berupa mercusuar di sebuah pulau kecil berpasir putih dan dikelilingi birunya lautan Belitung.

Mercusuar peninggalan Belanda tersebut berada di Pulau Lengkuas. Pulau ini sangat kecil, cukup berjalan kaki mengelilingi pulau hanya dalam waktu beberapa jam. Walaupun memang agak sulit ditempuh dengan jalan kaki di beberapa sisi pulau yang penuh bebatuan.

Namun, bisa juga jika Anda mau mencoba berenang dengan mengelilinginya. Luasnya tak sampai seribu meter persegi. Saking kecilnya, mercusuar setinggi lima puluh meter pun tampak megah berdiri kokoh di tengah pulau.

pulau lengkuas 5 - berfoto di pulau lengkuas

Berfoto dengan latar belakang mercusuar Pulau Lengkuas. (Foto:KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.)

Mercusuar yang sudah ada sejak tahun 1882 tersebut terpelihara dengan baik dan masih berfungsi sesuai dengan saat ia dibangun pertama kali. Wisatawan yang mampir di Pulau Lengkuas bisa naik ke mercusuar.

Jadikan kegiatan naik mercusuar sebagai aktivitas pertama yang Anda lakukan saat menginjak Pulau Lengkuas. Sebab, jika Anda baru naik setelah berenang, maka air laut yang melekat pada diri Anda bisa menyebabkan karat yang berujung dapat merusak mercusuar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka tak heran, wisatawan yang hendak naik mercusuar harus membilas kaki terlebih dahulu dengan air tawar. Petugas mercusuar setiap harinya juga harus membersihkan mercusuar dengan air tawar untuk menghilangkan jejak-jejak air laut yang mengandung garam.

Tak perlu terburu-buru saat naik, nikmati panorama perairan Belitung yang cantik dari jendela di setiap lantai mercusuar. Gradasi warna hijau menuju biru begitu jernih, berpadu dengan laut lepas sejauh mata memandang.

Pulau Lengkuas 8 - Panorama dari atas Mercusuar Pulau Lengkuas

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X