Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Menguat, IHSG Siap Terdorong Naik

Kompas.com - 03/01/2013, 09:18 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penguatan bursa Amerika Serikat dan komoditas, semalam waktu Indonesia, membuat mayoritas bursa Asia turut dibuka menguat pada Kamis (3/1/2013) pagi ini. Ini dapat mendorong kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan.

Exchange Traded Fund Indonesia di bursa AS ditutup menguat 1,1 persen, sementara harga minyak terkoreksi ke level 92,8 dollar AS per barrel pagi ini. Nilai tukar rupiah kembali dibuka melemah pagi ini ke level Rp 9.770 per dollar AS.

IHSG sendiri, hari ini, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, diperkirakan akan kembali bergerak menguat seiring reli yang terjadi di bursa AS, terutama bursa komoditas itu. Saham-saham sektor pertambangan dan CPO hari ini diperkirakan akan kembali bergerak menguat, khususnya saham-saham berbasis metal. Resistance indeks berada di level 4.375.

Bursa AS pada perdagangan semalam ditutup menguat signifikan sekitar 2,5 persen setelah adanya sentimen positif dari persetujuan Kongres AS atas proposal anggaran AS yang diajukan Senat sehingga AS terhindar dari risiko jurang fiskal.

Presiden Obama dikabarkan akan segera menandatangani proposal anggaran tersebut malam ini. Sentimen positif lainnya juga datang dari rilis data manufacturing index AS di bulan Desember yang berhasil naik ke level 50.7, lebih baik dari ekspektasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com