Kompas.com - 06/01/2013, 02:43 WIB
|
EditorTri Wahono

SOLO, KOMPAS.com - Kecelakaan yang dialami Menteri BUMN Dahlan Iskan di Plaosan, Magetan, Jawa Timur pada Sabtu (5/1/2013) sore saat melakukan uji coba prototipe mobil listrik Tucuxi, mengagetkan banyak kalangan.

Termasuk dalang terkenal Ki Manteb Sudharsono. Apalagi, Ki Manteb beberapa jam sebelumnya melakukan ritual tolak bala kepada Dahlan Iskan di Solo. Dalam ritual tersebut, dalang senior tersebut juga melakukan siraman air bunga ke mobil "Ferrari" berwarna merah, dengan harapan agar selamat hingga tujuan.

Saat dihubungi, Ki Manteb turut kaget atas peristiwa yang menimpa salah satu teman dekatnya tersebut. Ki Manteb berdalih tolak bala yang dilakukannya adalah untuk keselamatan Dahlan, bukan untuk mobilnya. Dirinya menganggap ada kesalahan teknis yang membuat mobil listrik tersebut kehilangan kendali.

"Meskipun didoakan berkali-kali, tapi apabila ada kerusakan teknis, ya tetep aja rusak," katanya.

Ki Manteb menambahkan ritual yang dilakukan di Solo adalah tolak bala, menyingkirkan gangguan yang bisa membahayakan pribadi Dahlan.

"Sebagai teman dekat, saya wajib mendoakan yang terbaik bagi Pak Dahlan, dan peristiwa tersebut seharusnya bisa menjadi pepeling atau pengingat bagi pak Dahlan untuk berhati hati dan jangan grusa grusu (tergesa gesa)," katanya.

Terkait pemberitaan yang terkesan mengaitkan kecelakaan mobil Dahlan dengan ritual yang dilakukan, Ki Manteb menjawab dengan enteng bahwa yang didoakan bukanlah barang namun orangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, usai menjalani ruwatan, mobil "Ferrari" Dahlan mengalami kecelakaan. Dugaan kuat rem mobil seharga Rp 1,5 miliar tersebut blong. Dahlan Iskan selamat setelah menabrakan mobilnya ke tebing sisi selatan jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.