Kompas.com - 06/01/2013, 03:05 WIB
EditorTri Wahono

MAGETAN, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan bersyukur mendapat anugerah selamat dua kali dari peristiwa yang bisa merenggut nyawanya. Anugerah pertama yakni saat ia divonis kanker hati namun sukes dengan operasi cangkok hati di China.

Anugerah kedua, yakni ia lolos dari maut saat mobil listrik Ferrari Tuxuci yang ia tumpangi mengalami rem blong sehingga ia tabrakkan ke tebing di kawasan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1/2013) sore.

"Saya dapat anugerah dua kali. Dulu kanker yang katanya tidak bisa disembuhkan. Sekarang dalam kecelakaan ini, lecet pun tidak," ujar Dahlan Iskan saat dihubungi.

Menurut Dahlan, mobil listrik Ferrari tersebut ia jajal ke medan yang sulit. Yakni melewati jalan menanjak di Tawamangu kemudian Cemoro Sewu.

"Di tanjakan dengan ketinggian sekitar 1.300 meter dari laut sukses. Mobilnya tidak ada masalah," ujar Dahlan.

Namun setelah melewati kawasan Cemoro Sewu, kemudian Telaga Sarangan, Dahlan merasakan rem mobil yang ia tumpangi bermasalah. Puncaknya ketika di kawasan Plaosan, Magetan, di jalan yang terus menurun tersebut, ternyata remnya tidak berfungsi.

"Sepertinya saya kebanyakan mengerem. Sehingga pas sampai Plaosan, remnya blong," ujar Dahlan.

Dahlan pun lantas mengambil keputusan. Daripada mobil tidak terkendali dan bisa membahayakan pengendara atau orang di sekitar, Dahlan lantas membanting setirnya sehingga mobil ia tabrakkan ke tebing. Mobil terus melaju dan kemudian menghantam tiang listrik.

"Alhamdulillah saya tidak apa-apa. Lecet pun tidak. Itu keputusan yang harus saya ambil cepat," jelas Dahlan Iskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.